Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat untuk Lengserkan Duterte Secepatnya

Kompas.com - 08/07/2018, 12:28 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

MANILA KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberikan satu syarat kepada siapa saja untuk membuatnya lengser secepatnya dari kursi kepemimpinan.

Dia berjanji akan mundur jika ada yang bisa membuktikan bahwa Tuhan itu nyata. Demikian laporan dari The Associated Press, seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (7/7/2018).

Pria berusia 73 tahun itu melontarkan pernyataan tersebut dalam pidato di acara sains dan teknologi di Davao pada Jumat lalu.

Baca juga: Beredar Plot Pemberontak Komunis Bakal Kudeta Duterte pada Oktober

Kepada peserta yang hadir, dia mengatakan jika seseorang bisa memberikan bukti nyata bahwa manusia bisa berbicara dan melihat Tuhan, dia bersedia untuk mengundurkan diri dari kursi kepresidenan secepatnya.

"Jika ada di antara kalian yang bilang bahwa kalian pernah ke surga, bicara pada Tuhan, tunjukkan dia secara pribadi," katanya, seperti dilansir The Philipine Star.

"Dan bila Dia ada, Tuhan adalah milikmu, dan jika dia benar ada, saya akan mundur dari kepresidenan malam ini," imbuhnya.

Duterte bahkan meminta bagi siapa pun yang bertemu Tuhan untuk berfoto bersama, kemudian menunjukkan foto "selfie" itu kepadanya.

Ini bukan pertama kalinya bagi pemimpin Filipina ini memenuhi berita utama karena pernyataannya mengenai Tuhan. Sebelumnya, dia juga menolak untuk meminta maaf kepada publik atas pendapatnya tentang Tuhan.

Juru bicara Duterte menyatakan, komentar Duterte tersebut hanyalah pandangan pribadinya, yang sebelumnya pernah mengalami penyiksaan dari seorang imam ketika dia masih bocah.

Baca juga: Perempuan Filipina Unjuk Rasa Menentang Perilaku Misoginis Duterte

Pernyataannya memicu amarah di kalangan penduduk Filipina, negara yang merupakan rumah bagi lebih dari 76 juta umat Katolik.

Duterte dan Gereja telah berulang kali bersitegang di tengah meningkatnya jumlah korban tewas dalam pemberantasan narkoba oleh pemerintah.

Untuk meredakan ketegangan akibat komentarnya tentang Tuhan, Duterte sepakat untuk bertemu dengan Konferensi Waligereja Filipina dan Uskup Agung Romulo Valles pada Senin mendatang di Malacanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com