Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Korut, Menlu AS Bawa CD Lagu Elton John ke Kim Jong Un

Kompas.com - 07/07/2018, 11:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ke Korea Utara (Korut) tidak sekadar membahas proses denuklirisasi.

Diwartakan harian Korea Selatan (Korsel) Chosun Ilbo via Sky News Sabtu (7/7/2018), Pompeo juga membawa CD ke Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Mengutip dari pejabat anonim di Washington, CD tersebut berisi lagu penyanyi asal Inggris, Elton John, dari Presiden Donald Trump.

Baca juga: Elton John Umumkan Pensiun dari Kegiatan Tur Musik

Pejabat tersebut berujar, semuanya berawal ketika Trump dan Kim menggelar pertemuan di Hotel Capella, Singapura, pada 12 Juni lalu.

Saat itu, Kim sempat menyebut "Rocket Man" atau Si Pria Roket saat sesi pertemuan tertutup yang hanya dihadiri penerjemah saja.

Pria Roket merupakan sindiran yang diberikan Trump kepada Kim pada 2017 lalu menyusul serangkaian uji coba rudal yang dilakukannya.

Kim mengatakan dia tidak tahu jika sindiran tersebut ternyata merupakan lagu yang dipopulerkan oleh Elton John pada 1972 itu.

Sebelum Pompeo berangkat ke Pyongyang, Trump mengingat percakapan mereka di Singapura. Jadi, dia meminta Pompeo membawa CD berisi lagu Rocket Man.

"Presiden Trump juga menuliskan sebuah pesan di dalam CD itu, kemudian menandatanganinya," ujar pejabat anonim tersebut.

Pompeo berkunjung ke Korut sejak Jumat (6/7/2018), dan merupakan kunjungan ketiga selama 2018 ini, dan kedua sejak dia menjadi Menlu AS.

Sebelum ke Korut, kepada awak media Pompeo sempat mengatakan dia berharap Korut sudah siap untuk "memenuhi sejumlah detil" komitmen yang dibuat Kim di Singapura.

Adapun Trump sebelum berkunjung Montana menyatakan masih optimis dengan masa depan Korut serta hubungannya engan Kim.

"Saya menjabat tangannya. Saya pikir kami saling mengerti. Saya rasa dia benar-benar melihat ada masa depan berbeda di Korut," kata Trump.

Baca juga: Ke Korut, Menlu AS Bahas Komitmen Denuklirisasi Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com