Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomasi Olahraga Berlanjut, Pyogyang Kirim Tim Pingpong ke Seoul

Kompas.com - 06/07/2018, 19:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara dipastikan bakal turut ambil bagian di ajang kejuaraan tenis meja di Korea Selatan pada bulan ini.

Ini menjadi kesekian kalinya olahraga menjadi sarana diplomasi untuk menghangatkan kembali hubungan antara dua negara Korea yang masih terlibat dalam gencatan senjata usai Perang Korea.

Korea Utara akan mengirimkan tim pingpong atau tenis meja ke ajang kejuaraan tenis meja Korea Terbuka yang digelar di Seoul selatan pada 17-22 Juli mendatang.

"Ini menjadi kebanggaan bagi ITTF (Federasi Tenis Meja Internasional) untuk dapat mendukung tanda perdamaian lain di Semenanjung Korea dengan membantu Korea Utara mengirimkan tim mereka ke ajang ini," kata Presiden ITTF, Tomas Weikert.

Baca juga: Korea Selatan Lakukan Diplomasi Basket ke Korea Utara

Diplomasi olahraga antara dua negara Korea berawal dari keikutsertaan Korut di Olimpiade Musim Dingin 2018 yang dilangsungkan di Pyeongchang, Korea Selatan.

Di bulan Mei lalu, dalam kejuaraan tenis meja dunia, untuk pertama kalinya sejak 1991, Korea Utara dan Selatan membentuk tim gabungan.

Kedua Korea yang sebenarnya harus saling berhadapan di babak perempatfinal diperbolehkan membentuk tim gabungan untuk kemudian melaju ke semifinal.

Namun tim tenis meja Korea Bersatu tersebut kalah dari Jepang.

"Penyatuan tim ini sangat penting di ajang kejuaraan dunia tenis meja 2018, menunjukkan kepada dunia bahwa negara-negara dapat menemukan perdamaian melalui tenis meja," kata Weikert dalam pernyataannya.

Awal pekan ini, Korea Selatan telah mengirimkan delegasi atlet basketnya, yang terdiri dari 50 pemain basket putra dan putri, untuk bertanding dalam laga persahabatan di Pyongyang.

Kedua Korea juga berencana untuk menurunkan sejumlah tim gabungan di ajang Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Baca juga: Laga Persahabatan Bola Basket Dua Korea Digelar di Pyongyang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com