Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Bagian Terpadat di India Larang Penggunaan Plastik

Kompas.com - 06/07/2018, 18:44 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

LUCKNOW, KOMPAS.com - Negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh, mengumumkan larangan penggunaan plastik mulai 15 Juli 2018. Uttar Pradesh merupakan negara bagian yang menjadi rumah bagi 220 juta penduduk.

Seperti diketahui, Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji akan menjadikan India sebagai negara bebas plastik sekali pakai pada 2022.

Mayoritas dari 29 negara bagian India telah menerapkan larangan penuh atau sebagian terhadap penggunaan plastik.

Baca juga: Kelompok Militan Al-Shabaab Larang Penggunaan Tas Plastik

Kendati demikian, undang-undang tersebut jarak ditegakkan. Sejak 2015, Uttar Pradesh berupaya mengimplementasikan larangan tersebut, tapi ditolak oleh pemerintah setempat.

"Kami telah memutuskan untuk memberlakukan larangan menyeluruh terhadap plastik di negara bagian mulai 15 Juli," kata menteri utama Uttar Pradesh, Yogi Adityanath.

"Saya mendorong semua orang untuk berhenti menggunakan cangkir plastik, gelas plastik, dan kantong plastik, mulai 15 Juli. Saya meminta dukungan Anda agar membuat larangan itu berhasil," ucapnya.

Seperti di negara bagian lain di India, polusi plastik telah menjadi penyumbang utama pencemaran sungai-sungai di Uttar Pradesh. Wilayah perkotaan juga sering dipenuhi dengan kantong plastik dan botol.

Pemerintah India bahkan telah menyatakan daerah di sekitar Taj Mahal, di Uttar Pradesh, menjadi zona bebas-plastik.

Bulan lalu, larangan penggunaan plastik sekali pakai mulai berlaku di negara bagian Maharashtra yang berpenduduk 110 juta. Maharashtra merupakan rumah bagi ibu kota komersial India, Mumbai.

Sekitar 250 pejabat mengenakan seragam biru dan dijuluki "regu anti-plastik" telah dikerahkan untuk melakukan inspeksi terhadap restoran dan toko-toko di Mumbai.

Baca juga: Masih Pakai Plastik, McDonalds dan Starbucks Mumbai Dijatuhi Denda

Namun, ada banyak upaya lobi yang dilaporkan, termasuk dari perusahaan multinasional yang telah berhasil menyempitkan peraturan.

India menghasilkan sekitar 5,6 juta ton sampah plastik setiap tahun. Plastik juga telah ditemukan di dalam perut sapi di India.

Laporan PBB memperingatkan, planet Bumi mungkin dipenuhi dengan 12 miliar ton sampah plastik pada pertengahan abad ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com