Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelam Dikerahkan Cari Turis yang Hilang di Kapal Wisata Thailand

Kompas.com - 06/07/2018, 07:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PHUKET, KOMPAS.com - Pemerintah Phuket, Thailand, kembali melakukan pencarian untuk menemukan turis kapal wisata yang dilaporkan masih hilang.

AFP memberitakan Jumat (6/7/2018), pencarian bakal dilakukan dari udara dan mengerahkan penyelam untuk memeriksa lambung Kapal Phienix.

"Kami bakal mencari dari atas dan juga meminta penyelam menuju ke laut sekitar kapal itu terbalik," kata Gubernur Phuket, Noraphat Plothong.

Baca juga: Kapal Wisata Terbalik di Perairan Thailand, Puluhan Turis China Hilang

Plothong menambahkan, setidaknya satu orang dilaporkan tewas dalam insiden kapal yang terbalik pada Kamis malam (5/7/2018) waktu setempat itu.

Sebelumnya, kapal Phoenix itu terbalik karena diterpa angin kencang tengah berlayar di dekat pulau wisata tersebut.

Kapal tersebut dilaporkan membawa sekitar 90 penumpang saat terjadi gelombang besar yang disebabkan angin kencang dan membalikkan kapal.

kapal tersebut dalam perjalanan kembali ke Phuket, berangkat dari Koh Racha, sebuah pulau wisata di selatan, sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Di tengah perjalanan cuaca memburuk dengan badai dan gelombang besar. Demikian disampaikan kapten kapal yang mengaku bernama Somjing Boontham, saat diwawancara televisi.

Menurutnya, kapal terbalik usai diterjang ombak setinggi lima meter, menyebabkan air masuk ke kapal dan mulai membanjiri bagian dalam kapal.

Boontham mengatakan, petugas segera memerintahkan penumpang untuk mengenakan jaket pelampung dan mulai menurunkan rakit penyelamat.

Plothong mengatakan, pejabat di Phuket telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk sejak Rabu (4/7/2018) dan memperingatkan warga akan kemungkinan datangnya badai.

Baca juga: Perahu Terbalik, Tiga Korban Hilang Saat Hendak Silaturahim Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com