Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga Persahabatan Bola Basket Dua Korea Digelar di Pyongyang

Kompas.com - 04/07/2018, 16:07 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Dua Korea, Rabu (4/7/2018), menggelar pertandingan persahabatan bola basket di Pyongyang, Korea Utara sebagai bentuk sebuah diplomasi olah raga dua negeri bertetangga itu.

Sebanyak 50 atlet basket putra dan putri dari Korea Selatan tiba di Pyongyang pada Selasa (3/7/2018) untuk menggelar empat laga pada Rabu dan Kamis.

Gelaran pertandingan persahabatan ini merupakan salah satu hal yang disepakati dalam KTT antara kedua Korea pada April lalu.

Baca juga: Korea Selatan Lakukan Diplomasi Basket ke Korea Utara

Delegasi Korea Selatan dipimpin Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, sekaligus menjadi kunjungan perdana pejabat Selatan pasca-pertemuan Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Kedatangan Cho di Pyongyang ini bersamaan dengan kunjungan Menlu AS Mike Pompeo yang ditugaskan untuk merinci kesepakatan denuklirisasi yang sudah diteken kedua pemimpin.

Namun, sejauh ini belum diketahui apakah Cho akan bertemu Kim Jong Un atau Mike Pompeo di Pyongyang.

Pada Rabu, akan digelar dua laga tim basket putra dan putri di mana setiap tim terdiri atas para atlet dari Korea Utara dan Selatan.

Laga tersebut digelar pukul 15.30 waktu setempat itu di GOR Ryogyong Chung Ju-Yung yang berkapasitas 12.000 penonton.

Olahraga menjadi salah satu faktor yang membantu proses diplomatik kedua negara, yang secara teknis masih berperang, setelah Korut mengirimkan delegasi dan atletnya ke Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada Februari lalu.

Kerja sama dalam bidang olahraga ini berlanjut menjelang ajang Asian Games 2018. Kedua negara sepakat membentuk tim bersama di tiga cabang yaitu kano, dayung, dan bola basket putri.

Laga bola basket persahabatan terakhir digelar pada 2003 di Pyongyang saat gedung olah raga yang dibiayai kelompok bisnis Hyundai resmi dibuka.

Baca juga: Militer AS Resmikan Markas Besar Baru di Korea Selatan

Dalam laga tersebut, Korea Utara yang diperkuat Ri Myong Hun, atlet basket terjangkung di dunia dengan tinggi badan 235 cm, mengalahkan Korea Selatan 86-57.

Kapten Korea Selatan saat itu, Hur Jae kini kembali ke Korea Utara untuk melatih tim basket negeri tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com