Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Naik Bus, "Power Bank" Perempuan Ini Tiba-tiba Meledak

Kompas.com - 03/07/2018, 19:21 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang perempuan yang sedang menumpang sebuah bus di kota Zhangzhou, provinsi Fujian mendapatkan pengalaman yang tak akan pernah dilupakannya.

Pengalaman itu adalah ketika power bank yang dibawanya meledak di dekat wajahnya. Demikian dikabarkan situs berita thepaper.cn.

Berdasarkan rekaman CCTV bus kota itu, memperlihatkan perempuan tersebut diduk di bangku paling belakang bersama seorang teman-temannya.

Baca juga: Dilarang di Pesawat, Ini Tips untuk Pengguna Power Bank

Tiba-tiba sebuah ledakan terlihat dan muncul bola api. Ledakan itu mengagetkan si perempuan yang kemudian melompat dan mengibaskan api dengan tangannya.

Dia lalu berlari ke bagian depan bus hingga ke dekat pengemudi. Saat tiba di dekat sopir kobaran api sudah mati tetapi perempuan itu tak mau mengambil risiko dan membuang power bank itu di lantai bus.

Setelah membuang power bank-nya, perempuan itu kembali lari ke bagian belakang bus demi keamanan.

Sementara itu, sang pengemudi terlihat amat santai dia melihat ke benda yang masih sedikit terbakar itu, lalu mengambil tabung pemadam api lalu menyemprotkannya ke power bank tersebut.

Mengantisipasi kemungkinan benda itu masih bisa meledak, sang pengemudi menghentikan busnya, membuka pintu, dan menendang keluar benda tersebut ke jalan.

Insiden ini terjadi pada 20 Juni lalu dan videonya sudah beberapa kali dibagikan di media sosial.

Baca juga: Power Bank Meledak dan Terbakar di Pesawat Aeroflot, Penumpang Panik

Sementara itu, mantan guru besar teknik Universitas Politeknik Hongkong, Lo Keuk-keung memperingatkan bahaya membawa dan menggunakan power bank.

Menurut dia, power bank bisa meledak karena sejumlah sebab misalnya arus pendek atau usia baterai yang sudah tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com