Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taruh Hiu di Dalam Akuarium, Restoran Malaysia Menuai Kecaman

Kompas.com - 02/07/2018, 20:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sebuah restoran di Kuala Lumpur, Malaysia, menuai kecaman setelah sebuah video yang memperlihatkan seekor hiu hidup ditaruh dalam akuarium di restoran tersebut menjadi viral di media massa.

Melansir dari Channel News Asia, video berdurasi sekitar delapan detik yang diunggah oleh seorang penyelam di akun Facebook miliknya itu memperlihatkan seekor hiu jenis blacktip yang ditaruh di dalam akuariun berukuran panjang kurang dari 2 meter dengan lebar dan tinggi hanya sekitar 1 meter.

Video tersebut diunggah oleh akun Renaza Resort Indonesia pada 28 Juni lalu. Dalam postingannya, dia menulis restoran yang dikunjunginya tersebut memiliki lukisan mural hewan laut di dindingnya.

Baca juga: Beri Makan Hiu, Perempuan di Australia Hampir Kehilangan Jarinya

Diberitakan AFP, pihaknya belum mendapat komentar dari pemilik restoran tersebut. Namun menurut sebuah blog lokal menunjukkan, restoran tersebut sudah memajang hiu di akuarium sejak 2015.

Video tersebut telah ditonton belasan ribu kali dan dibagikan lebih dari 200 kali per Senin (2/7/2018). Video tersebut banyak mendapat komentar yang menyerukan agar ikan hiu itu dibebaskan.

"Bebaskan hewan malang itu. Sungguh perbuatan yang tak masuk akal dan sangat primitif," tulis pemilik akun Nicky Cooper di kolom komentar.

Hiu blacktip merupakan spesies hiu yang banyak ditemukan di perairan hangat dan iklim tropis di sepanjang wilayah pesisir, mulai dari Samudra Atlantik hingga Pasifik.

Menurut situs National Geographic, hewan laut itu dapat tumbuh hingga ukuran panjang lebih dari dua meter dan berat hingga 100 kilogram.

Banyak diburu untuk tujuan komersial, hiu tersebut masuk dalam spesies yang hampir terancam punah dan dilindungi, menurut Uni Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN).

Presiden Masyarakat Alam Malaysia, Henry Goh, hiu termasuk hewan liar yang tidak dapat diperlakukan seperti peliharaan untuk tujuan komersial.

Baca juga: Hiu Putih Terdampar di Sepanjang Pantai California, Ulah Manusiakah?

"Hiu harus hidup bebas di habitat alaminya, di laut terbuka," ujarnya kepada AFP.

Terdapat 68 spesies hiu di perairan Malaysia, meskipun hanya satu yang masuk hewan dilindungi yakni hiu paus.

Hiu banyak diburu untuk diambil siripnya yang dianggap sebagai makanan lezat dan berkhasiat, serta banyak dicari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com