Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh dari Balkon Apartemen di Mesir, Mahasiswa Asal Indonesia Meninggal

Kompas.com - 01/07/2018, 22:26 WIB
Ana Shofiana Syatiri

Editor

KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia di Mesir, Muhammad Ulin Nuha (35), meninggal setelah jatuh dari lantai 5 balkon apartemennya di Nasr City, Kairo, Sabtu (30/6/2018) pukul 23.00 waktu setempat.

Ulin Nuha merupakan mahasiswa S2 jurusan Takhossus Fiqh Syafi'i, Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Dia meninggal di Rumah Sakit Tayseer, Kairo.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kedubes RI di Mesir kepada Kompas.com, Minggu (1/7/2018), kejadian ini bermula karena kunci apartemen Ulin tertinggal.

Menurut tetangga apartemennya, Bakri, Ulin berusaha masuk melalui balkon. Untuk itu, dia permisi untuk menumpang lewat balkon unit apartemen Bakri.

Bakri mengaku sudah mencegah Ulin untuk tidak turun melalui balkon. Sebab, kala itu kondisi sudah larut malam dan cukup tinggi. Akan tetapi, Ulin tetap bersikeras.

Ulin kemudian menuruni balkon menggunakan pipa yang terpasang di tembok apartemen. Sayangnya, usaha Ulin untuk masuk ke apartemennya tidak menemui hasil. Dia terjatuh ke lantai dasar hunian bertingkat tersebut.

Ulin sempat dilarikan ke Rumah Sakit Tayseer, Nasr City, Kairo. Namun, akibat luka parah yang dideritanya, nyawa mahasiswa asal Jawa Timur tersebut tidak tertolong.

Pihak KBRI Kairo sudah menghubungi keluarga Ulin di Indonesia. Ulin meninggalkan istri dan 2 anak. Saat insiden terjadi, istri dan anak Ulin sedang mudik Lebaran ke kampung halaman.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy, menjelaskan, saat mendengar kabar insiden tersebut perwakilan KBRI Kairo langsung menuju rumah sakit.

"Kami ikut berduka atas meninggalnya Ulin," ujar Helmy.

Helmy berpesan agar mahasiswa asal Indonesia selalu mengedepankan keselamatan jiwa. Apalagi, lanjut Helmy, mayoritas mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan di Mesir tidak memiliki asuransi kesehatan.

“Keselamatan dan kesehatan kita sangat penting, mohon untuk bisa lebih berhati-hati,” ucap Helmy.

Sebelumnya, pada 9 Juni 2018, seorang mahasiswi asal Sumatera Barat juga meninggal dunia di Kairo. Fatimah Darsan Abdul Malik mengalami kecelakaan di sekitar tempat penantian bus di kawasan H-7, Nasr City, Kairo. Fatimah tercatat sebagai mahasiswi jurusan Syari'ah, Universitas Al Azhar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com