Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Pangeran William di Israel Tidak Terkait Politik

Kompas.com - 26/06/2018, 09:33 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pangeran William tiba di Israel pada Senin (25/6/2018). Dia menjadi orang pertama dari keluarga kerajaan Inggris yang melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke Israel.

Pangeran William berangkat dari Yordania dan mendarat di Bandara Ben Gurion yang terletak di antara Tel Aviv dan Yerusalem, sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Dilansir dari AFP, pejabat resmi menyebut kunjungan Pangeran William tidak terkait dengan politik, melainkan berfokus pada membangun relasi kaum muda.

"Kami tahu ini bukan waktunya merayakan kemajuan perdamaian di Timur Tengah, tapi kami yakin kunjungan ini penting dalam masa sulit ini seperti pada waktu yang baik," kata konsul Inggris di Yerusalem, Philip Hall.

Baca juga: Israel Luncurkan Rudal Patriot Jelang Kunjungan Pangeran William

"Kami tahu perkembangan politik sedang susah, tapi ini bukan kunjungan politik," ucapnya.

Pewaris takhta nomor dua di Kerajaan Inggris ini mengunjungi Israel tanpa ditemani sang istri, Kate, yang baru saja melahirkan anak ketiga mereka sekitar dua bulan lalu.

Pangeran William akan menginap di Yerusalem, tepatnya di Hotel King David.

Lokasi itu merupakan bekas markas pemerintahan Inggris selama mandat di Palestina, sebelum terbentuknya negara Israel pada 1948.

Pada Selasa (26/6/2018), dia dijadwalkan akan meletakkan karangan bunga di peringatan Holocaust Yad Vashem. Kemudian, dia bakal bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Israel Reuven Rivlin secara terpisah.

Hari berikutnya, dia akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Ramallah, Tepi Barat, sebelum bertemu dengan para pengungsi Palestina dan kaum muda.

Pada Kamis (28/6/2018), dia harus menyelesaikan turnya dengan mengunjungi situs-situs sejarah dan agama di Yerusalem.

Baca juga: Ketika Pangeran William dan Putra Mahkota Yordania Nobar Piala Dunia

Selama berada di Yerusalem, Pangeran William juga akan mengunjungi makam nenek buyutnya, Putri Alice, yang dimakamkan di Yerusalem.

Putri Alice begitu dihormati oleh Israel karena melindungi kaum Yahudi pada Perang Dunia II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com