Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusaha Jual Bayi Seharga Rp 129 Juta, Kelompok di China Ditangkap

Kompas.com - 25/06/2018, 17:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

YIYANG, KOMPAS.com - Enam orang anggota sebuah kelompok di China ditangkap setelah mereka dituding berusaha menjual bayi yang baru lahir.

Dilansir SCMP Senin (25/6/2018), polisi menyatakan penangkapan didasarkan pada laporan investigasi yang dikeluarkan media lokal, Xiaoxiang Morning Post.

Dalam laporan tersebut, ada kelompok yang bermarkas di Yiyang, Provinsi Hunan, yang diduga melakukan perdagangan manusia melalui media sosial WeChat.

Baca juga: Jual Bayi, Seorang Ibu di Kediri Ditangkap Polisi

Pada pertengahan Juni ini, kelompok itu menawarkan bayi laki-laki sehat yang baru saja lahir seharga 60.000 yuan, atau Rp 129,8 juta.

Dalam iklan tersebut, disertakan juga dua video mengenai kondisi bayi tersebut, serta data diri orangtua yang menjualnya.

"Siapapun yang tertarik untuk membeli bayi ini, harus datang ke Hunan, Yiyang, secepatnya," demikian iklan dalam media sosial.

Dalam keterangan polisi, setelah membaca laporan tersebut, mereka memulai penyelidikan, dan menangkap tiga terduga pelaku.

"Dari pengembangan berdasar tiga orang yang kami tangkap, kami membekuk tiga lainnya sehingga total ada enam orang terduga pelaku," demikian keterangan polisi.

Dalam laporan kepolisian, orangtua bayi yang baru lahir itu mengaku terpaksa menjualnya karena tidak kuat membesarkannya.

Kelompok di tersebut mempunyai kontak beberapa rumah sakit di Yiyang, dan bakal menghubungi setiap perempuan hamil yang masuk ke rumah sakit.

Para pelaku berkata, merek bisa menemukan calon pembeli untuk bayi yang baru dilahirkan itu dalam waktu dua sampai tiga hari setelah iklan itu dirilis.

Adapun bagi orangtua si bayi, mereka diharuskan menandatangani deklarasi yang pada intinya menyerahkan bayi itu secara sukarela.

"Saya berharap Anda sebagai orangtua adopsi bisa memperlakukan dia dengan penuh kasih sayang," demikian bunyi deklarasi itu.

Baca juga: Pasutri Jual Bayi Mereka untuk Beli iPhone dan Sepeda Motor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com