Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120.000 Perempuan Saudi Daftarkan Diri untuk Mendapatkan SIM

Kompas.com - 25/06/2018, 17:23 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

RIYADH, KOMPAS.com - Lebih dari 120.000 perempuan Arab Saudi mengajukan aplikasi untuk mendapatkan surat izin mengemudi.

Demikian disampaikan juru bicara Kemendagri Arab Saudi Mayor Jenderal Mansour al-Turki dalam jumpa pers di Riyadh, Minggu (24/6/2018).

Al-Turki menambahkan, sebanyak 40 perempuan  inspektur lalu lintas akan menjalankan tugas mereka beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Boleh Mengemudi Mobil, Perempuan Saudi Luapkan Air Mata Bahagia

Lebih jauh Al-Turki menjelaskan, senam sekolah mengemudi khusus perempuan didirikan di lima kota. Sementara di sembilan wilayah lainnya belum memiliki sekolah mengemudi.

"Standar tinggi yang diterapkan untuk sekolah-sekolah mengemudi khusus perempuan akan menjadi acuan bagi seluruh sekolah mengemudi termasuk sekolah untuk para pria," papar Al-Turki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Departemen Lalu Lintas Mayor Jenderal Muhammad al-Bassami menambahkan, para ibu rumah tangga juga bisa mengemudi tetapi yang menjadi masalah adalah jenis surat izin mengemudinya.

Dia melanjutkan, sejak perempuan Saudi diizinkan mengemudikan mobil sendiri, pihaknya belum menerima adanya laporan pelanggaran aturan lalu lintas.

"Sejauh ini tidak ada tempat parkir khusus untuk perempuan. Lahan parkir tersendiri hanya bagi mereka yang berkebutuhan khusus," ujar Bassami.

Sejak Minggu (24/6/2018) tengah malam, secara resmi perempuan Arab Saudi kini diizinkan mengemudikan mobil sendiri.

Baca juga: Langgar Lalu Lintas, Perempuan Saudi Akan Ditahan di Pusat Perlindungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com