Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Pembunuhan Politisi, Semua Personel Polisi Kota Ini Ditangkap

Kompas.com - 25/06/2018, 13:45 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Seluruh anggota kepolisian kota Ocampo, negara bagian Michoacan, Meksiko ditahan karena diduga terlibat pembunuhan seorang politisi.

Sebanyak 27 personel kepolisian dan sekretaris bidang keamanan setempat ditahan setelah kematian Fernando Angeles Juarez (64).

Sang kandidat wali kota itu tewas ditembak di luar kediamannya pada Kamis pekan lalu. Fernando Angeles adalah politisi ketiga yang dibunuh di negara bagian Michoacan dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Politisi Meksiko Tewas Ditembak Saat Berfoto dengan Fans

Fernando Angeles Juarez adalah seorang pengusaha sukses tetapi minim pengalaman politik.

Awalnya, dia diyakini akan maju dalam pemilihan wali kota sebagai calon independen. Namun, dia lalu bergabung dengan  Partai Demokratik Revolusi (PRD) yang berhaluan kiri tengah.

"Dia tak tahan melihat begitu banyak kemiskinan, ketidaksetaraan, dan korupsi sehingga dia memutuskan untuk mencalonkan diri," kata salah seorang teman dekat Angeles, Miguel Malagon kepada harian El Universal.

Setelah kematian Angeles, jaksa setempat menuding sekretaris urusan keamanan kota Ocampo, Oscar Gonzalez Garcia, terlibat dalam pembunuhan itu.

Saat jaksa federal Meksiko tiba di Ocampo pada Sabtu (23/6/2018) untuk menahan Garcia, rombongan jaksa dicegat personel kepolisian setempat.

Akibat dicegat, rombongan jaksa tak bisa masuk ke kota Ocampo tetapi mereka kembali datang sambil membawa pasukan pada Minggu (24/6/2018).

Saat itulah, pasukan keamanan dari ibu kota langsung menangkap semua personel kepolisian kota Ocampo termasuk Oscar Gonzalez Garcia.

Mereka semua kemudian diangkut ke ibu kota negara bagian Morelia untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Politisi Meksiko Hidupkan Tradisi Makan Sup Daging Tikus

Jaksa menuding Gonzalez Garcia memiliki hubungan dengan kelompok kriminal terorganisasi di negara bagian itu.

Fernando Angeles Juarez adalah satu dari skeitar 100-an politisi yang tewas dibunuh di seluruh wilayah Meksiko menjelang pemilihan umum yang digelar pada 1 Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com