Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Pemimpin Negara Uni Eropa Siap Hadiri KTT Krisis Migran

Kompas.com - 22/06/2018, 22:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Setidaknya 16 pemimpin negara anggota Uni Eropa (UE) telah mengisyaratkan kesiapannya untuk hadir dan bergabung dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) membahas krisis migran pada Minggu (24/6/2018) mendatang.

Diberitakan AFP, KTT yang akan digelar di markas UE di Brussels, Belgia tersebut diagendakan bertujuan untuk mencari solusi atas masalah pencari suaka yang kini dihadapi sejumlah negara anggota UE.

Ketua Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker menyebut pertemuan tersebut untuk menentukan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab memproses para migran.

Baca juga: Uni Eropa Bakal Pantau Pemilu Presiden Zimbabwe

Ditambahkannya, dengan Italia dan Yunani yang telah menerima sebaian besar kedatangan migran, maka rekan-rekan Uni Eropa lainnya harus bersedia turut menampung beban.

"Kami awalnya memulai dengan hanya delapan anggota dan kini telah ada 16 negara yang mengisyaratkan kesediaan untuk bergabung dalam pertemuan informal ini," kata juru bicara Komisi Eropa, Alexander Winterstein.

Winterstein menyebut delapan negara di antaranya yang siap hadir dalam pertemuan yakni Belgia, Belanda, Kroasia, Slovenia, Denmark, Finlandia, Swedia dan Luksemburg.

Sebelumnya, pemimpin pemerintahan Jerman, Perancis, Spanyol dan Maltese juga telah mengkonfirmasi bakal hadir pada pertemuan.

Namun masih ada sejumlah negara yang menolak bergabung, di antaranya Hungaria, Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia.

Winterstein menegaskan, karena bersifat informal, pertemuan tersebut terbuka bagi setiap negara anggota, namun juga tidak mewajibkan kehadiran mereka.

Pertemuan juga tidak untuk menghasilkan sebuah keputusan melainkan memberikan masukan untuk solusi atas masalah yang dihadapi.

Baca juga: Merkel: Uni Eropa akan Lawan AS soal Tarif Impor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com