Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagih Janji PM India, Pria Ini Jalan Kaki 1.350 Km ke New Delhi

Kompas.com - 18/06/2018, 18:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,NDTV

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria asal Odisha, India, melakukan langkah ekstrem demi mengingatkan janji Perdana Menteri Narendra Modi.

Diwartakan BBC Senin (18/6/2018), dia berjalan kaki sejauh 838 mil, sekitar 1.350 kilometer, dari kampung halamannya demi menuju ibu kota New Delhi.

Muktikant Biswal berkata, pada 2015 dalam kunjungan ke Odisha, Modi pernah berjanji bakal meningkatkan level Rumah Sakit di Rourkela.

Baca juga: Perempuan AS Jalan Kaki 3 Km dengan Luka Serius Usai Diserang Beruang

Saat itu, Mode menyatakan kualitas maupun peralatan di sana tidak akan kalah dengan Institut Ilmu Kedokteran India di Delhi.

Namun, tiga tahun berlalu, kondisi Rumah Sakit Umum Rourkela Ispat tidak berubah. Itulah yang membuat Biswal memutuskan untuk pergi ke Delhi.

Perjalanan pria 30 tahun tersebut dimulai dari ibu kota region Orissa menuju New Delhi yang terletak di sebelah utara.

Biswal melawan teriknya sinar matahari selama perjalanan sambil membawa bendera di tangan. Namun, di Agra, 218 kilometer dari Delhi, dia tumbang.

Selama perawatan, seperti dilansir ANI, Biswal menjelaskan Rumah Sakit Ispat merupakan institusi kesehatan yang sangat vital di Rourkela.

Muktikant Biswal, pria asal Odisha, India, ketika dirawat di rumah sakit di Agra. Dia menempuh 1.350 kilometer demi menagih janji Perdana Menteri Narendra Modi.ANI via NDTV Muktikant Biswal, pria asal Odisha, India, ketika dirawat di rumah sakit di Agra. Dia menempuh 1.350 kilometer demi menagih janji Perdana Menteri Narendra Modi.

Sejak Modi mengunjungi tempat tersebut, rakyat di sana sangat berharap level rumah sakitnya bisa mengalami peningkatan.

Karena itu, dengan perjalanannya ke Delhi, dia berharap bisa bertemu Modi secara langsung, dan menagih janjinya untuk meningkatkan rumah sakit di sana.

"Saya tidak tahu apakah Perdana Menteri Modi bersedia bertemu atau tidak. Jika dia tak mau bertemu, saya akan mogok makan," katanya.

Biswal melanjutkan, dia mengaku termotivasi untuk jalan kaki menempuh hampir 1.400 kilometer setelah melihat bendera India.

"Karena itu, saya membawanya dalam perjalanan supaya selalu menguatkan saya," lanjut pria yang bekerja sebagai pematung tersebut.

Dia berkata, setelah keluar dari rumah sakit, dia bakal kembali berjalan kaki untuk memenuhi tujuannya, dan diperkirakan bakal sampai pekan ini.

Aksi jalan kaki Biswal menuai komentar dari pemimpin oposisi Partai Kongres Nasional India, Rahul Gandhi, melalui kicauan di Twitter.

"Saya menjanjikan kepada Tuan Biswal, Kongres dan seluruh rakyat India bakal memastikan Perdana Menteri Modi memenuhi ucapannya," tegas Gandhi.

Baca juga: Ditagih Penuhi Nazar Jalan Kaki Jogja-Jakarta, Amien Rais Naik Pesawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com