Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Negara di Dunia Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri

Kompas.com - 17/06/2018, 12:05 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seluruh umat Islam di dunia telah merayakan Idul Fitri 1439 H. Berbagai pemimpin negara tak mau ketinggalan menyambut hari kemenangan dengan mengirim ucapan khusus.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Islam di seluruh dunia.

"Melania dan saya berharap muslim di seluruh AS dan seluruh dunia memperoleh berkat Idul Fitri," katanya dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih, Sabtu (16/6/2018).

"Kami berharap semangat perdamaian dan niat baik yang mengelilingi dan tertanam dalam perayaan Idul Fitri dapat berlanjut sepanjang tahun dan di seluruh dunia," imbuhnya.

Baca juga: Bom ISIS Serang Perayaan Idul Fitri Taliban dan Pasukan Afghanistan

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat Islam.

"Idul Fitri mengingatkan kita yang berada di AS dan di luar negeri, muslim dan non-muslim, untuk menjaga semangat dan makna Ramadhan sepanjang tahun," ucapnya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengunggah video di akun Twitter-nya, untuk menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

"Assalamualaikum. Hari ini muslim di Kanada dan seluruh dunia merayakan Idul Fitri dan menandai akhir dari bulan suci Ramadhan," katanya.

"Ketika kita merayakan akhir Ramadhan, mari lanjutkan berbagi makna (Ramadhan) dalam aksi dan membangun Kanada yang lebih baik bagi semua orang," ucap pria berusia 46 tahun tersebut.

Seperti Trudaeau, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengunggah video berdurasi 1 menit 28 detik untuk mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Islam.

"Ini waktunya bagi muslim untuk berkumpul bersama dengan keluarga, teman, dan tetangga sekitar. Ini sebuah kesempatan untuk memperbarui rohani," ujarnya.

"Jadi ketika baju Lebaran sudah dipilih, hadiah sudah dibungkus, dan kudapan manis disiapkan, mari sejenak kita bersyukur," kata May.

"(Bersyukur) Bukan hanya untuk kehidupan kita, tapi untuk jutaan muslim di Inggris yang memperkaya kehidupan banyak orang," imbuhnya.

Perdana Menteri India Narendra Modi turut menyampaikan Eid Mubarak.

"Semoga pada hari ini dapat memperdalam ikatan persatuan dan harmoni masyarakat kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com