Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Perayaan Idul Fitri Masyarakat Indonesia di Denmark

Kompas.com - 16/06/2018, 10:57 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Ratusan masyarakat muslim Indonesia di Denmark memenuhi Wisma Duta RI, Jumat (15/6/2018).

Mereka berbondong-bondong mendatangi tempat tersebut untuk bersama-sama melaksanakan shalat Id setelah berpuasa selama satu bulan lamanya.

Denmark menjadi salah satu negara dengan waktu puasa terpanjang. Masyarakat muslim di sana harus berpuasa kurang lebih 19 jam.

Acara yang diselenggarakan oleh KBRI Kopenhagen tersebut mengundang masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di Kopenhagen dan sekitarnya.

Acara yang diawali dengan gema takbir tersebut dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Denmark, M Ibnu Said beserta komunitas muslim yang hadir.

Dalam pernyataannya selain mengucapkan selamat Idul Fitri, Ibnu menyebut acara yang dihelat menunjukkan Indonesia terdiri dari banyak bahasa dan budaya, namun tetap satu.

"Meski kita jauh dari Tanah Air, kita tetap merayakan hari raya Idul Fitri bersama masyarakat Indonesia. Harapannya acara ini makin mempererat hubungan masyarakat Indonesia di Denmark," ucap Ibnu Jumat (15/6/2018).

Masyarakat Indonesia di Denmark merayakan hari raya Idulfitri bersama di KBRI KopenhagenKBRI Kopenhagen Masyarakat Indonesia di Denmark merayakan hari raya Idulfitri bersama di KBRI Kopenhagen

Setelah shalat Id, KBRI Kopenhagen menyelenggarakan halal bihalal dan open house untuk mempererat tali silaturahim dan saling mengucapkan maaf.

Tidak lupa berbagai kuliner khas Indonesia dihidangkan untuk mengobati rindu dengan makanan kampung halaman.

Ada nasi tumpeng, lontong cap go meh, opor ayam, telur pindang, sambal goreng ati, siomay, empek-empek Palembang, sayur sambal goreng pepaya, sambal goreng ati.

Serta tidak ketinggalan aneka jajanan pasar seperti kue mangkok, dodol, winko babat, tape ketan serta es campur. Hidangan ini disiapkan khusus oleh Chef Rusliyawan.

Meski bukan hari libur nasional di Denmark, hal itu tidak menghalangi masyarakat Indonesia di sana untuk menghadiri acara tahunan tersebut.

Perayaan Idul Fitri itu juga dihadiri oleh sejumlah pelajar dan mahasiswa dari kota Malmo, Swedia yang merupakan kota perbatasan dan terdekat dari ibu kota Kopenhagen, serta keluarga besar KBRI Kopenhagen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com