Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Resmikan Kantor Perwakilan Baru Senilai Rp 3,4 Triliun di Taiwan

Kompas.com - 12/06/2018, 14:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Amerika Serikat secara resmi membuka kantor perwakilannya di Taiwan, Selasa (12/6/2018). Peresmian kantor tersebut sekaligus menandakan komitmen AS dalam membantu mempertahankan pemerintahan di pulau itu, di tengah ketegangan yang terjadi antara Taipei dengan Beijing.

Peresmian gedung kantor perwakilan berlantai empat yang menelan anggaran sebesar 250 juta dolar AS, atau sekitar Rp 3,4 triliun, itu turut dihadiri para pejabat senior AS dan Taiwan, termasuk Presiden Tsai Ing-wen.

Gedung kantor Institusi Amerika di Taiwan itu disebut memiliki struktur paling aman dan kuat di antara gedung-gedung lain di pulau itu. Struktur bangunan disebut tahan ledakan.

Baca juga: AS Pertimbangkan Kirim Kapal Perang ke Selat Taiwan

"Bangunan ini mewakili lebih dari sekadar baja, kaca dan beton. Ini akan menjadi simbol kekuatan dan semangat kemitraan AS dengan Taiwan pada abad ke-21," kataWakil Menteri Luar Negeri Urusan Pendidikan dan Kebudayaan AS, Marie Royce, saat peresmian.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tersenyum menanggapi pernyataan Royce dan sepakat dengan menyebut gedung perwakilan AS tersebut sebagai simbol hubungan yang semakin menjanjikan antara Washington dengan Taipei.

Hubungan antara Taiwan dengan China semakin tegang menyusul dilantiknya Tsai dan berkuasanya Partai Progresif Demokrat sejak 2016.

Beijing selama ini masih menganggap pemerintahan Taiwan yang mandiri sebagai bagian dari mereka dan siap merebut kembali meski jika harus dengan kekuatan.

Pemerintah China terus berusaha meningkatkan tekanan politiknya di pulau itu dan menghentikan segala dialog lintas selat serta mengisolasi secara internasional dengan memburu sekuru diplomatiknya di luar negeri.

Militer China juga telah meningkatkan latihan militer maupun patroli udara di sekitar Taiwan.

Baca juga: Hilang saat Latihan Militer, Jet F-16 Taiwan Ditemukan Jatuh di Gunung

Pemerintah Trump diyakini sengaja tidak mengutus pejabat setingkat kabinet dalam peresmian kantor perwakilan tersebut demi menghindari ketegangan lain dengan China.

Meski demikian, politikus Taiwan, berharap Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penasihat keamanan nasional AS John Bolton untuk dapat mengunjungi kantor baru tersebut tahun ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com