Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Makan Siang, Trump-Kim Menandatangani Kesepakatan

Kompas.com - 12/06/2018, 12:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump bersama dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menuju lokasi penandatanganan usai makan siang bersama.

Melansir dari Channel News Asia, kedua pemimpin negara itu berjalan bersama menuju lokasi penandatanganan. Namun belum diketahui dokumen apa yang akan ditandatangi keduanya.

"Sekarang kami akan menuju tempat penandatanganan," kata Trump singkat sembari berjalan di samping Kim menyusuri jalan setapak di tengah taman kecil di Hotel Capella.

Sebelumnya, kedua pemimpin negara itu baru saja menyelesaikan makan siang bersama yang digelar usai pertemuan empat mata yang berlangsung selama sekitar 45 menit dengan hanya didampingi penerjemah.

Baca juga: Trump: Pertemuan Empat Mata dengan Kim Berlangsung Sangat Baik

Dalam acara makan siang, Trump didampingi delegasi AS yang di antaranya ada Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Sementara delegasi yang mendampingi Kim di antaranya Wakil Ketua Komite Sentral Partai Buruh Korea Kim Yong Chol, yang berwenang dalam menentukan kebijakan luar negeri dan strategi pertahanan untuk negara tersebut.

Hadir juga wakil ketua Komite Sentral, Ri Su Yong; Menteri Luar Negeri, Ri Yong Ho, dan Menteri Angkatan Bersenjata Rakyat No Kwang Chol.

Presiden Trump bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hotel Capella, Pulau Sentosa, pada Selasa (12/6/2018) sejak pukul 09.00 pagi waktu Singapura, dalam agenda pertemuan berprofil tinggi.

Pertemuan tersebut salah satunya akan membahas perihal denuklirisasi Korea Utara.

Baca juga: Inilah Menu Makan Siang Kim Jong Un dan Donald Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com