Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Jelang Pertemuan AS-Korut, Trump dan Kim Sudah Berada di Singapura

Kompas.com - 11/06/2018, 06:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pertemuan bersejarah yang dinanti-nantikan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan bakal digelar besok, Selasa (12/6/2018).

Namun demikian, pada Minggu (10/6/2018), kedua pemimpin negara itu telah tiba di Singapura, dalam penerbangan yang terpisah.

Kim Jong Un tiba terlebih dahulu menggunakan pesawat Boeing 747 milik maskapai Air China sekitar pukul 14.40 waktu setempat.

Menurut laporan media Korea Utara, Kim berangkat dengan didampingi Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho, Menteri Pertahanan No Kwang Chol dan saudara perempuannya Kim Yo Jong.

Baca juga: Beberapa Hal Terkait Pertemuan Kim dan Trump di Singapura

Sementara Presiden Donald Trump tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan, Air Force One dan mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Singapura di Paya Lebar sekitar pukul 20.20 waktu setempat.

Trump berangkat menuju Singapura seusai menghadiri pertemuan KTT G7 di Kanada.

Walaupun sudah sama-sama berada di Singapura, Trump dan Kim diyakini belum akan saling bertatap muka hingga Selasa (12/6/2018) besok dalam pertemuan yang diagendakan di Hotel Capella di Pulau Sentosa.

Rangkaian pertemuan dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 pagi waktu Singapura.

Selama di Singapura kedua pemimpin negara itu akan menginap di hotel yang berbeda. Kim menginap di Hotel St Regis, sementara Trump bermalam di Hotel Shangri-La.

Setibanya di Singapura, Trump mengungkapkan perasaanya akan pertemuan dengan Kim yang menurutnya akan berjalan dengan lancar.

"Sangat bagus," kata Trump singkat saat menjawab pertanyaan wartawan yang telah menunggunya di Pangkalan AU Paya Lebar.

Sebelum pertemuan pada Selasa, kedua pemimpin negara akan menjalani agenda masing-masing, di antaranya Presiden Trump yang akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura.

Baca juga: Kim Jong Un Berterima Kasih kepada PM Singapura

Melansir dari Reuter.com yang mengutip media Korea Utara, KCNA, pertemuan antara Trump dengan Kim pada Selasa (12/6/2018) akan membahas sejumlah isu penting yang telah direncanakan sebelumnya, di antaranya terkait perdamaian di Semenanjung Korea serta denuklirisasi.

Pertemuan tersebut akan menjadi pertemuan bersejarah yang baru pertama kalinya terjadi antara presiden AS dengan pemimpin berkuasa di Korea Utara sejak berakhirnya Perang Korea pada 1953.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com