Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Misil dari Houthi Tewaskan Dua Warga Sipil Arab Saudi

Kompas.com - 10/06/2018, 08:17 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Dua warga sipil di Arab Saudi tewas karena terkena tembakan misil yang berasal dari kelompok Houthi di Yaman.

Demikian laporan dari media negara Saudi pada Sabtu (9/6/2018) malam.

Dilansir dari Arab News , dua penduduk tersebut tewas di provinsi Jizan, bagian utara Arab Saudi.

Baca juga: Rudal Houthi Hantam Pasar yang Ramai di Yaman, Lima Orang Tewas

Sementara, koalisi pasukan yang dipimpin Saudi menegaskan akan membalas aksi serangan yang mengancam keselamatan warga dan keamanan penduduknya.

"Kelompok Houthi telah menargetkan warga sipil dengan proyektil," kata juru bicara pasukan koalisi Saudi, Turki Al Maliki.

Dalam pernyataannya, Maliki tidak menyebutkan jenis proyektil yang dimaksud, namun dia menyampaikan bahwa serangan tersebut sengaha menargetkan warga sipil.

"Komando Pasukan Gabungan dari koalisi akan menyerang dengan keras semua yang mengancam keselamatan dan keamanan warga negara Saudi," ucapnya, seperti dilaporkan oleh Daily Sabah.

Pada Selasa (12/6/2018), pertahanan udara Saudi menghalau rudal balistik yang menargetkan kota Yanbu. Rudal itu ditembakkan dari wilayah pemberontak di Yaman.

Pada akhir Mei lalu, pasukan Saudi juga menghalau rudak Houthi di kota-kota di Najran dan Jizan. Tidak ada korban tewas yang tercatat dalam insiden itu.

Baca juga: Koalisi Arab Saudi Selamatkan Anak Empat Tahun dari Milisi Houthi

Saudi menuduh Iran memasok senjata dan rudal kepada kelompok Houthi. Namun, tuduhan tersebut dibantah oleh Iran.

Saudi, Uni Emirat Arab, dan sekutu Arab lainnya bergabung untuk mengembalikan pemerintahan Yaman yang diakui secara internasional, setelah kelompok Houthi menguasai sejumlah wilayah di Yaman, termasuk Sanaa.

Sekitar 10.000 orang tewas sejak aliansi Saudi meluncurkan intervensi di Yaman pada Maret 2015 sehingga berkontribusi atas krisis kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com