Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" Gantikan Model dalam Peragaan Busana di Arab Saudi

Kompas.com - 07/06/2018, 15:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah rekaman peragaan busana yang digelar di Arab Saudi mengundang reaksi pengguna internet. Bukan lantaran busana yang ditampilkan, melainkan karena tidak adanya model yang berjalan di catwalk.

Peragaan busana yang menampilkan gaun dan aksesoris dari Dolce & Gabbana tersebut tidak menggunakan para model yang melenggak-lenggok di panggung, melainkan menggunakan pesawat tak berawak alias drone.

Dalam rekaman video yang telah banyak beredar di dunia maya, tampak busana yang diperagakan seolah terbang dan bergerak di antara para pengunjung.

Baca juga: Gelar Peragaan Busana di Pesawat, Maskapai Vietnam Didenda

Efek angin yang ditimbulkan mesin drone, di mana pakaian-pakaian itu digantung, menambah kesan busana yang melayang dengan sendirinya.

Video tersebut menuai komentar dari para pengguna internet. Banyak yang kemudian menyebutnya sebagai peragaan busana hantu.

"Ini seperti film hantu," tulis salah seorang pengguna Twitter.

Melansir dari The New Arab, panitia penyelenggara peragaan busana tersebut mengklaim itu adalah yang pertama kali digelar di Arab Saudi, sebuah peragaan busana yang tidak menampilkan model namun menggunakan drone.

"Acara ini juga disesuaikan dengan momen bulan Ramadhan," kata panitia.

Penggunaan drone dalam peragaan busana tersebut juga dianggap menyesuaikan dengan lokasi acara, di mana tidak ada penonton yang duduk di sekeliling panggung, melainkan banyak yang berseliweran.

Komentar positif juga muncul karena menganggap peragaan tersebut menjadi bukti peragaan busana yang tidak harus selalu menampilkan model.

Hal tersebut dianggap membuka adanya pembebasan perempuan dari pekerjaan melenggak-lenggok di atas panggung.

Ini bukan kali pertama peragaan busana diselenggarakan di kerajaan Saudi. Sebelumnya, Saudi telah menggelar pekan peragaan busana di Hotel Ritz Carlton, Riyadh, pada April lalu.

Baca juga: Untuk Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Fashion Show

Namun peragaan busana pertama di Arab Saudi itu hadir dengan sejumlah pembatasan, mulai dari larangan bagi laki-laki menjadi penonton, dan perancang busana laki-laki yang tidak diizinkan berada di belakang panggung.

Busana yang ditampilkan juga diharuskan tidak di atas lutut, tidak menampilkan pakaian yang transparan dan tidak menunjukkan belahan dada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com