Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawas Nuklir PBB Siap Lakukan Inspeksi ke Korea Utara

Kompas.com - 04/06/2018, 23:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Pengawas Nuklir PBB mengaku siap untuk melakukan inspeksi ke Korea Utara dalam beberapa pekan ke depan jika kesepakatan tercapai dalam pertemuan tingkat tinggi AS dengan Korut di Singapura, 12 Juli mendatang.

"Kami dapat melakukan persiapan untuk verifikasi dalam waktu singkat, bukan bulan namun beberapa minggu,"kata Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano kepada wartawan, Senin (4/6/2018).

Pernyataan Amano tersebut menyusul persiapan pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un yang terus dilakukan.

"Kami terus melakukan kontak dengan para pemangku kepentingan dan telah melakukan sejumlah kesepakatan tentang masalah ini."

Baca juga: PBB Desak AS dan Korea Utara Tetap Lanjutkan Dialog Denuklirisasi

"Sangat jelas bahwa jika ada pihak, maupun organisasi yang dapat melakukan verifikasi maka itu hanya kami," lanjut Amano dikutip AFP.

Dia menambahkan, sulit untuk memprediksi ukuran dari setiap operasi pemeriksaan yang dimungkinkan, namun pihaknya memastikan akan dapat mengerahkan sebanyak mungkin staf yang dibutuhkan.

Pada tahun 2009 silam, Pyongyang telah mengusir paksa para pemeriksa IAEA dari sebuah situs nuklir Korea Utara di Yongbyon.

Sejak saat itu, Korea Utara telah menolak mengizinkan petugas IAEA melakukan inspeksi di wilayahnya.

Namun pertemuan tingkat tinggi yang akan dilangsungkan antara pemimpin AS dan Korea Utara di Singapura mendatang, diharapkan dapat menjadi titik balik permasalahan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Diharapkan dalam pertemuan bersejarah yang baru pertama kali dilangsungkan antara pemimpin kedua negara tersebut, akan dapat dicapai kesepakatan yang positif demi tercapainya denuklirisasi.

Baca juga: PBB Diminta Verifikasi Rencana Penutupan Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com