Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Pertempuran Midway, Titik Balik Perang Pasifik

Kompas.com - 04/06/2018, 15:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com - Jika pertempuran Stalingrad di Uni Soviet dianggap menjadi titik balik Perang Dunia II di teater Eropa, maka pertempuran Midway adalah hal serupa dalam kancah Perang Pasifik.

Pada 4 Juni 1942, Laksamana Chuichi Nagumo, komandan armada Jepang yang menyerang Pearl Harbor, menggelar serangan besar-besaran ke Pulau Midway.

Midway adalah pulau karang seluas 6,2 kilometer persegi yang terletak kurang lebih di tengah-tengah antara Asia dan Amerika Utara.

Setelah sukses menghancurkan Pearl Harbor, Jepang berupaya untuk menghancurkan armada Amerika Serikat agar tak menghalangi ambisinya menguasai kawasan Asia.

Baca juga: Biarawati Pahlawan saat Perang Dunia II Meninggal di Usia 103 Tahun

Salah satu strategi yang dilakukan Jepang adalah menyerang pulau-pulau yang dikelola AS seperti Kepulauan Aleut di Alaska dan Midway di Pasifik.

Jepang berharap, serangan itu akan memancing armada AS yang masih terluka pasca-serangan Pearl Harbor terjun ke pertempuran sehingga akan mudah dihabisi.

Memang, saat itu armada AS amat berkurang kekuatannya. Kapal induk Yorktown hanya diperbaiki ala kadarnya selama tiga hari agar bisa digunakan kembali bersama USS Enterprise dan Hornet.

Ketiganya adalah kapal induk yang tersisa setelah Pearl Harbor diluluhlantakkan Jepang pada 7 Desember 1941.

Pad 4 Juni 1942 pagi, Laksamana Nagumo menggelar serangan perdana dengan mengirim 108 pesawat tempurnya.

Serangan fajar ini mengakibatkan kerusakan signifikan terhadap instalasi militer AS di pulau karang itu.

AS tak tinggal diam dan menyerang balik. Namun, kerusakan yang diakibatkan serangan balasan ini amat tidak siginifikan, bahkan harus kehilangan 65 pesawat dalam serangan itu.

Kegagalan awal AS ini membuat Nagumo meremehkan kekuatan dan kegigihan dua perwira AS yaitu Laksamanan Chester Nimitz dan Laksamana Raymond Spruance.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: AS Resmi Terlibat dalam Perang Dunia I

Nagumo juga salah memperhitungkan taktik dengan mengirimkan gelombang kedua serangan pesawat pengebom untuk menyelesaikan apa yang dia pikir sebagai sisa-sisa armada AS.

Padahal, AS berhasil menyembunyikan keberadaan armadanya setelah berhasil mengetahui posisi dan rencana AL Jepang terhadap Midway.

Alhasil dalam serangan berikutnya yang menggunakan 55 pesawat pengebom tukik menuai hasil luar biasa. Tiga dari empat kapal induk  Jepang yaitu Akagi, Kaga, dan Soryu tenggelam bersama dengan ratusan pesawat tempurnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com