Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Bayar Utang Negara, Anak-anak di Malaysia Buka Usaha Cuci Mobil

Kompas.com - 03/06/2018, 03:24 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sekelompok anak dan remaja di Malaysia membuka usaha cuci mobil untuk mengumpulkan dana guna membantu bayar utang negara.

Seperti diketahui, pemerintah Malaysia telah resmi membuka rekening donasi bertajuk Hope Fund atau Tabungan Harapan Malaysia pada Rabu lalu.

Tejas Shree Udahyah (11) bersama dengan 20 temannya berusia enam hingga 17 tahun mengoperasikan layanan cuci mobil di lingkungan perumahan di Taman Yarl, Kuala Lumpur, Sabtu (2/6/2018).

"Saya sangat senang dan bangun pagi pukul 07.00 untuk memulai usaha cuci mobil bersama teman-teman," katanya, seperti dilansir dari Malaysia Kini.

Baca juga: Kurang dari 24 Jam, Donasi Tabungan Harapan Malaysia Terkumpul Rp 24 Miliar

"Kami ingin membantu Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan negara," katanya.

Gagasan membuka layanan cuci mobil di lingkungan perumahan tercetus dari seorang warga bernama Padma Nadarajah (60).

Namun, dia sama sekali tidak menyangka idenya akan menuai respons positif dari warga lainnya. Dia mengatakan, seluruh uang yang terkumpul akan didonasikan kepada Hope Fund.

"Ketika pemerintah membuka donasi, saya dipaksa untuk berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk membantu negara," ucapnya.

"Saya berbagi pemikiran ini dengan tetangga dan mereka sangat mendukung. Beberapa juga menyumbangkan peralatan cuci," kata Padma.

Anggota parlemen Malaysia, Teresa Kok, juga nampak berada di lokasi tersebut. Dia mengaku tergerak oleh semangat dan upaya dari masyarakat yang ingin membantu negara.

"Usaha ini dilakukan secara sukarela dan membuktikan semangat cinta negara di antara masyarakat sungguh semakin mendalam," ujarnya.

Baca juga: Mahathir Sebut Ada Kecurangan dalam Penghitungan Pemilu Malaysia

Teresa mengunggah foto-foto kegiatan cuci mobil yang dilakukan anak-anak dan remaja. Terlihat mereka mencuci mobil di jalan lingkungan perumahan secara bergotong royong.

Sejak diluncurkan pada Rabu (30/5/2018), dana yang terkumpul sudah mencapai 18,6 juta ringgit atau Rp 64,9 miliar. Sementara, utang Malaysia menyentuh 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Pemerintah Malaysia membuka donasi Hope Fund, setelah muncul banyak keinginan warga untuk membantu mengurangi utang negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com