Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Desak Assad dan Pemberontak Suriah Beri Akses Bantuan ke Area Terpencil

Kompas.com - 31/05/2018, 19:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - PBB mendesak kepada rezim presiden Bashar al Assad dan juga kelompok pemberontak di Suriah untuk dapat mengizinkan akses pengiriman bantuan bagi lebih dari 2 juta warga sipil yang putus asa di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Kepala Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB, Mark Lowcock, mengatakan kepada Dewan Keamanan terkait situasi di Idlib, yang menjadi salah satu pijakan terakhir oposisi di Suriah.

"Situasi di Idlib sangat mengkhawatirkan dengan adanya serangan udara, bentrokan antara kelompok bersenjata, kepadatan penduduk yang berlebih, serta akses layanan dasar yang sangat jauh," ujarnya.

Baca juga: Usai Dikuasai ISIS 7 Tahun, Damaskus Kini Kibarkan Bendera Suriah

Lowcock mengatakan, konvoi bantuan bertama dalam lebih dari dua bulan terakhir akan tiba di Homs. di pedesaan utara pada Rabu, membawa bantuan untuk sekitar 93.000 orang.

Di pinggiran Damaskus, Lowcock mengatakan, pemerintah telah meminta bantuan PBB untuk memberikan bantuan usai wilayah tersebut direbut kembali dari pemberontak.

Namun dia mengatakan, PBB hanya menerima otorisasi satu kali sejak pertengahan Maret lalu. Lowcock menegaskan kembali permintaan agar rezim memfasilitasi akses.

Pemerintah Suriah pun memberikan izin untuk konvoi yang membawa bantuan bagi 70.000 orang di kota Ghouta, timur Douma, tetapi mereka belum menerima "surat-surat fasilitasi".

"Sekitar 2 juta warga Suriah kini berada di kawasan yang sulit dijangkau, seperti di pedesaan utara Homs, Douma dan Damaskus selatan."

"Sejauh ini baru ada enam konvoi bantuan yang berhasil mencapai wilayah-wilayah itu dan membantu sekitar 169.000 orang. Jumlah itu belum mencapai 20 persen dari total orang yang ingin kami jangkau," kata Lowcock dilansir The New Arab.

Dia pun mendesak kepada Dewan Keamanan untuk mendukung upaya pihaknya memastikan akses yang aman, tanpa hambatan dan berkelanjutan bagi warga Suriah yang paling membutuhkan.

Baca juga: Militer Suriah Umumkan Kuasai Damaskus Sepenuhnya dari ISIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com