Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Arab Saudi Tarik Uang Kertas 1 Riyal

Kompas.com - 27/05/2018, 13:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

RIYADH, KOMPAS.com - Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) telah menarik uang kertas 1 riyal dari peredaran mulai Kamis (24/5/2018) lalu. Nantinya, uang dengan nominal 1 riyal akan diganti dengan uang koin.

Berita penarikan uang kertas 1 riyal tersebut telah diumumkan SAMA melalui situs resminya pada Rabu (23/5/2018).

"Meski demikian, uang kertas 1 riyal Arab Saudi akan tetap beredar dan berlaku sampai benar-benar telah ditarik dari perdagangan dengan penyesuaian rencana waktu tertentu," tulis pengumuman SAMA.

Melansir dari Al Arabiya, uang kertas 1 riyal telah menyumbang hingga 49 persen dari volume uang tunai yang diperdagangkan.

Baca juga: Raja Arab Saudi Beri Sumbangan Rp 2 Triliun untuk Palestina

Tingginya jumlah tersebut lantaran uang kertas 1 riyal lebih banyak dipakai dalam jual beli dibandingkan disimpan di bank.

Pada Desember 2016, Otoritas Moneter Saudi telah mengungkapkan edisi keenam mata uang riyal Saudi, termasuk di antaranya koin 1 dan 2 riyal.

Selain itu, SAMA juga menunjukkan koin denominasi untuk nominal 50, 25, 10, 5 dan 1 halalah. Satu riyal sama dengan 100 halalah.

Dalam gambar yang telah dirilis SAMA, koin 1 riyal akan memuat potret Raja Salman dengan warna perak di tengah pada bagian muka.

Koin mata uang Arab Saudi mulai dari 1 halalah hingga 1 riyal yang diungkap Otoritas Moneter Arab Saudi pada Desember 2016 lalu.AL BAWABA / SAMA Koin mata uang Arab Saudi mulai dari 1 halalah hingga 1 riyal yang diungkap Otoritas Moneter Arab Saudi pada Desember 2016 lalu.
Kemudian di sisi kanan tertulis nama dan gelar raja terukir dalam bingkai emas, dan di kiri ada terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional kerajaan.

Baca juga: Arab Saudi dan Turki Dukung Serangan AS ke Suriah

Pada sisi belakang, nominal koin ditulis pada bagian tengah sebagai angka perak, dalam huruf Arab di bagian atas dan dalam bahasa Inggris pada bagian bawah.

Seperti pada sisi muka, di bagian samping kiri terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional kerajaan.

Angka tahun Hijriah 1438 dimuat pada bagian atas dan tahun 2016 terukit di bagian bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com