Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Pangeran William Kunjungi Tel Aviv, Yerusalem, dan Ramallah

Kompas.com - 25/05/2018, 10:45 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran William akan melakukan kunjungan resmi ke Israel dan wilayah Palestina pada Juni 2018. Pewaris tahkta kerajaan Inggris urutan kedua ini juga bakal melawat ke Yerusalem.

Demikian pernyataan dari Istana Kensington seperti dilansir dari AFP, Jumat (25/5/2018).

Pangeran William akan menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris senior pertama yang melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke Israel dan Palestina.

Untuk mengawali turnya, putra dari Pangeran Charles itu tiba di Yordania pada 24 Juni 2018, kemudian dilanjutkan ke Tel Aviv pada keesokan harinya.

Baca juga: Kerajaan Inggris Rilis Foto Pertama Anak Ketiga Pangeran William

Dia dijadwalkan berada di Yerusalem pada 26 Juni 2018, dan berkunjung ke Ramallah pada 27 Juni 2018.

Kunjungan Pangeran William mewakili pemerintah Inggris telah disampaikan kepada pemerintah Israel, Yordania, dan Palestina.

"Ini merupakan kunjungan bersejarah, baru pertama kali yang seperti ini, dan dia akan mendapatkan sambutan meriah," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan kunjungan tersebut diharapkan berkontribusi pada penguatan hubungan persahabatan di antara kedua belah pihak.

Sebelumnya, belum ada kunjungan resmi dari anggota keluarga kerajaan Inggris di wilayah Palestina, kendati Pangeran Charles pernah menghadiri pemakaman mantan Presiden Israel Shimon Peres pada 2016.

Baca juga: 8 Aturan Ketat bagi Anak-anak di Keluarga Kerajaan Inggris

Selain itu, sepupu Ratu Elizabeth II, Duke of Kent dan Duke of Gloucester, juga pernah mengunjungi Israel pada 1998 dan 2007.

Namun, lawatan ketiganya tidak masuk dalam kategori kunjungan resmi kenegaraan.

Inggris menganggap Israel sebagai sekutu dekat dan penting. Di sisi lain, pemerintah Inggris mengkritik keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem pada awal bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com