Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Christopher Columbus, Penemu "Dunia Baru"

Kompas.com - 23/05/2018, 17:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Merupakan seorang navigator handal, Christopher Columbus dikenal sebagai pelaut Eropa yang menemukan rute ke Benua Amerika.

Dia melakukan empat kali penjelajahan melintasi Atlantik antara 1492 hingga 1504, dan singgah di Kepulauan Karibia.

Namanya dikenal sebagai penemu "Dunia Baru". Sebuah istilah bagi pendudukan dan eksplorasi Eropa yang dilakukan di Benua Amerika.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari pelaut yang berasal dari Republik Genoa, Italia tersebut.

Baca juga: Sebut Penemu Benua Amerika Bukan Columbus, Tulisan Murid SD Jadi Viral

1. Masa Kecil
Columbus (ejaan Italia Cristoforo Colombo) dilahirkan pada 31 Oktober 1451 di Genoa. Ayahnya, Domenico Colombo, merupakan seorang pedagang wol.

Ketika remaja, Columbus mendapat pekerjaan sebagai awak di sebuah kapal dagang, dan berada di laut hingga 1470 ketika kapal dagang asal Perancis menyerang.

Kapalnya tenggelam. Namun dia berhasil lolos dengan berpegangan papan kayu, dan mengapung hingga sampai ke Lisbon, Portugal.

Di Lisbon, Columbus mempelajari matematika, astronomi, katografi, dan ilmu navigasi. Dia juga membuat rencana yang bakal mengubah dunia.

Di 1473, Columbus magang sebagai agen bisnis di keluarga-keluarga terpandang Genoa. Antara lain Keluarga Centurione, Di Negro, dan Spinola.

Dia ambil bagian dalam pengiriman kargo berharga ke Rropa Utara. Kemudian dia pergi menuju Galway, Irlandia sebelum ke Lisbon di 1477.

Di sana, dia bertemu saudaranya, Bartolomeo, dan mereka tinggal hingga 1485. Columbus lalu menikah dengan putri Gubernur Porto Santo, Bartolomeo Perestrello, Fillipa Moniz.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Christoforus Columbus Wafat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com