Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2018, 13:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hingga bulan Mei di tahun 2018 ini, tercatat telah ada lebih banyak korban tewas akibat insiden penembakan di sekolah AS dibandingkan dengan kematian anggota militer di wilayah misi.

Mengutip Metro.co.uk, hal tersebut menjadikan berangkat ke sekolah di AS tahun ini lebih mematikan daripada tentara yang menjalankan misi militer di medan perang.

Media AS melaporkan, sepanjang 2018, sudah ada 29 korban tewas di sekolah akibat kasus penembakan dengan sebagian besar adalah siswa. Sementara hanya ada 13 laporan kematian anggota militer dalam periode yang sama.

Jumlah kematian dan penembakan di sekolah selama 2018 bahkan lebih tinggi dibandingkan yang pernah terjadi dalam rentang waktu yang sama selama 17 tahun terakhir.

Baca juga: Penembakan Kembali Terjadi di Sekolah AS, 10 Orang Tewas

Sejak tahun 2000 hingga 2017 tercatat total ada 36 korban meninggal akibat kasus penembakan di sekolah.

Namun sejak memasuki tahun 2018, telah terjadi 16 kasus penembakan mematikan di sekolah di AS dengan total 29 korban tewas.

Sementara tercatat hanya ada tujuh insiden fatal di militer.

Dilaporkan Washington Post, tujuh insiden tersebut terjadi saat kecelakaan helikopter yang jatuh di Irak, dengan tiga di antaranya tidak berkaitan dengan pertempuran.

Laporan tersebut didapatkan surat kabar itu dengan membandingkan sendiri data jumlah korban akibat penembakan di sekolah dengan angka-angka dari Departemen Pertahanan AS yang meliputi kematian anggota pasukan tempur maupun nontempur.

Terakhir, kasus penembakan massal di sekolah AS terjadi pada Jumat (18/5/2018), di SMA Santa Fe, Texas, menewaskan 10 orang.

Baca juga: 20 Tahun Terakhir Penembakan Sekolah di AS Terus Meningkat

Pelaku adalah remaja berusia 17 tahun, bernama Dimitrios Pagourtzis. Dia membawa senapan shotgun dan revolver, serta ditemukan bahan peledak.

Insiden tersebut terjadi hanya berselang tiga bulan setelah penembakan massal di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, pada 14 Februari yang menewaskan 17 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com