Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Bikin Lembaga Amal Ini Dapat Dana Berlimpah

Kompas.com - 20/05/2018, 13:05 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak ingin dikirimi kado pernikahan di hari istimewanya. Mereka meminta agar masyarakat mendonasikan uang ke badan amal yang telah dipilih.

Surfers Against Sewage, salah satu dari 7 lembaga amal resmi yang dipilih, kini mendapat limpahan donasi hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Dana yang terkumpul pada lembaga amal yang berfokus pada penanganan polusi plastik di laut ini meningkat 357 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, jumlah keanggotaan donatur juga melonjak 178 persen dari tahun lalu, dengan banyak yang berasal dari berbagai negara.

Baca juga: Pangeran Harry dan Markle Minta Kado Pernikahan Berupa Donasi ke Badan Amal

Dilansir dari Metro.co.uk, Sabtu (19/5/2018), kepala eksekutif Surfers Against Sewage, Hugo Taghlom, mengatakan setelah menjadi sorotan global, badan amal yang dinaunginya mendapatkan banyak dukungan.

"Menjadi terpilih menjadi bukti besar kerja keras para pendukung kami dan perayaan kerajaan untuk masa depan serta relawan," ucapnya.

Usai dipilih oleh Pangeran Harry-Meghan, badan amal ini memiliki jumlah relawan dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Sebanyak 70.000 orang setiap tahun juga bersedia untuk menawarkan tenaganya.

"Kami tentu saja memiliki koneksi yang baik sebelumnya dan telah bekerja sama dengan Yang Mulia Pangeran Wales," ucap Taghlom mengacu pada Pangeran Charles.

Baca juga: Walau Tak Diundang, Trump Kirim Hadiah Sumbangan ke Harry-Meghan

Namun, dia tetap tidak menyangka akan terpilih oleh Pangeran Harry-Meghan untuk menampung donasi dari masyarakat untuk merayakan pernikahan keduanya.

"Ini kejutan besar. Saya sangat senang menerima telepon tapi tetap terkejut dengan tingkat minat yang melampaui harapan dari badan amal," ujarnya.

Menurut dia, Pangeran Harry dan Meghan berharap agar masyarakat memiliki masa depan yang bahagia tanpa polusi plastik.

Seperti diketahui, pasangan itu memilih 7 lembaga amal sehingga akan banyak orang yang mendapat bantuan, daripada sekadar memberikan hadiah pernikahan berupa barang.

Sebanyak 7 badan amal telah dipilih oleh Harry dan Markle, termasuk di bidang olahraga untuk perubahan sosial, pemberdayaan perempuan, konservasi, lingkungan, tunawisma, HIV, dan Angkatan Bersenjata.

Baca juga: Ini Pengaruh Royal Wedding Harry-Meghan terhadap Pariwisata London

Adik dari Pangeran William ini memang dekat dengan beberapa lembaga amal.

"Pangeran Harry telah melanjutkan misi mendiang ibunya, Putri Diana, untuk meningkatkan kepedulian terhadap HIV dan AIDS melalui tugas kerajaan," tulis majalah People, seperti dilansir dari CNBC.

Sementara, Meghan juga merupakan seorang aktivis hak asasi manusia yang kerap mengunjungi Yayasan Myna Mahila untuk mempelajari isu dan tantangan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com