Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibebaskan dari Kasus Pembunuhan 27 Tahun Silam, Pria Ini Menangis

Kompas.com - 17/05/2018, 12:41 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

NEW YORK, KOMPAS.com - Di ruang sidang sebuah pengadilan di New York, AS, Selasa (15/5/2018), John Bunn memegang erat tangan hakim dan tak kuasa  menahan tangisnya.

Pria kulit hitam yang kini berusia 41 tahun itu menangis bahagia setelah dibebaskan dari dakwaan pembunuhan yang terjadi di Crown Height, Brooklyn pada 1991.

Saat itu, John baru berusia 14 tahun dan dinyatakan bersalah terkait kematian seorang petugas polisi. Alhasil, John harus mendekam 17 tahun di dalam penjara.

John dan seorang remaja lainnya, Rosean Hargrave dituduh memaksa Rolando Neischer dan rekannya, Robert Crosson keluar dari mobil.

Baca juga: Salah Tuduhan, Pria di AS Ini Dibebaskan Setelah 45 Tahun Dipenjara

Setelah kedua polisi itu berada di luar mobil, John dan Rosean dituduh menembak keduanya lalu mencuri mobil mereka.

Akibatnya, Rolando Neischer tewas dan Robert Crosson yang selamat menjadi satu-satunya saksi peristiwa tersebut.

Namun, pada 2016 sebuah bukti baru muncul yaitu detektif yang menangani kasus ini Louis Scarcella menggunakan "cara-cara yang salah" dalam menyelidiki kasus tersebut.

Setelah penyelidikan ulang dilakukan, terbukti John Bunn tak bersalah dan kemudian pengadilan membebaskannya serta mencabut semua dakwaan yang dibebankan kepada dia.

"Saya ingin berterima kasih kepada Anda yang mulia, karena selama 27 tahun saya berjuang untuk hidup saya," ujar Bunn sambil terisak menahan emosi.

Lalu pria asal Brooklyn itu berpaling kepada jaksa penuntut sambil mengatakan, selama ini kejaksaan menghukum orang yang tidak bersalah.

"Saya ingin kalian semua tahu, kalian telah mengirim orang tak bersalah ke penjara," tambah pria berkepala plontos itu.

Setelah hakim membebaskannya, John menghampiri meja hakim dan menggenggam erat tangan sang hakim. Sementara, tepuk tangan riuh pecah di ruang sidang.

"Saya amat emosional hari ini. Anda baru berusia 14 tahun saat itu. Hal semacam ini tak seharusnya terjadi," kata hakim ShawnDya Simpson.

Setelah keluar dari ruang sidang, kepara para jurnalis yang menanti, John mengatakan, dirinya amat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena telah terbebas dari semua masalah.

Menurut harian The New York Post, John dan Rosean dinyatakan bersalah berdasarkan bukti-bukti yang disodorkan detektif Louis Scarcella.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com