Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini yang Diberkati Paus Fransiskus Terjual hingga Rp 11 Miliar

Kompas.com - 14/05/2018, 22:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Lamborghini Huracan yang diberkati Pemimpin Katolik Roma Paus Fransiskus dilaporkan terjual 630.000 poundsterling Inggris, atau Rp 11,9 miliar.

Daily Mail melaporkan Senin (14/5/2018), penjualan tersebut dilakukan oleh Balai Lelang RM Sotheby di Monte Carlo akhir pekan lalu.

Penjualan tersebut empat kali lipat dari harga awal, 155.000 poundsterling Inggris, sekitar 2,9 miliar, ketika diberikan kepada Paus Fransiskus November 2017 lalu.

Diberkati dan ditandatangani secara langsung oleh Paus, Lamborghini itu mempunyai dekorasi garis Giallo Tiberino sebagai bentuk penghormatan atas bendera Vatikan.

Baca juga: Paus Fransiskus Lelang Lamborghini yang Dihadiahkan Untuknya

Mobil itu mempunyai mesin V10 yang mampu menghasilkan 570 tenaga kuda. Huracan bisa digeber 0-99 kilometer per jam hanya dalam 3,4 detik, dan mampu dipacu hingga 318 kilometer per jam.

Uang hasil penjualan Huracan tersebut dilaporkan bakal dibagi dua , dan diserahkan kepada yayasan amal yang berbeda.

Sebanyak 430.000 poundsterling Inggris, atau Rp 8,1 miliar, bakal diberikan kepada kota di Irak, Nineveh, yang sempat diduduki kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Uang tersebut bakal diperuntukkan bagi umat Kristen yang ada di sana agar mereka bisa kembali ke tempat tinggal mereka.

Adapun sisanya bakal diberikan kepada dua lembaga amal yang menyediakan bantuan bagi korban penjualan manusia, dan penyediaan medis di Afrika.

Ini bukan kali pertama kendaraan yang diberikan dan diberkati langsung oleh Paus Fransiskus harganya bisa melonjak tatkala dilelang.

Pada 2013, Paus asal Argentina tersebut diberi motor Harley Davidson yang ditaksir berharga 9.500 poundsterling Inggris, atau Rp 180,4 juta.

Namun, ketika dilelang setahun berselang, harga motor tersebut melonjak hingga 240.000 poundsterling Inggris, sekitar Rp 4,5 miliar.

Baca juga: Libatkan Rombongan Lamborghini, Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Cipali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com