Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing hingga Sapi, Ini Deretan Hewan Peliharaan Presiden AS di Gedung Putih

Kompas.com - 13/05/2018, 20:02 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,CBS News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Bagi sebagian masyarakat Amerika Serikat, memelihara hewan sebagai bagian dari keluarga seperti menjadi sebuah tradisi.

Tak jarang, orang nomor wahid di negara itu juga membawa hewan peliharaan mereka ke Gedung Putih, seperti anjing, kucing, kambing, dan juga sapi.

Presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump, disebut tidak memiliki hewan peliharaan, seperti kebiasaan yang telah dimulai sejak era George Washington.

Kendati presiden pertama "Negeri Paman Sam" itu tidak pernah tinggal di Gedung Putih, namun dia diketahui memiliki anjing, kuda, dan burung beo.

Baca juga: Polisi AS Gagalkan Upaya Penculikan Anjing Peliharaan Obama

Hewan peliharaan terakhir yang berada di Gedung Putih adalah Bo dan Sunny. Dua anjing ini tak kalah populer dengan pemiliknya, keluarga Obama.

Berikut ini deretan hewan peliharaan Presiden AS di Gedung Putih.

1. Anjing

Presiden ke-43 AS George W. Bush tiba kembali di Gedung Putih bersama hewan peliharaannya, Spot (depan) dan Barney (belakang) pada 20 Oktober 2002. (AFP/Tim Sloan) Presiden ke-43 AS George W. Bush tiba kembali di Gedung Putih bersama hewan peliharaannya, Spot (depan) dan Barney (belakang) pada 20 Oktober 2002. (AFP/Tim Sloan)
Binatang yang kerap disebut sebagai sahabat manusia ini paling banyak dipelihara oleh presiden AS selama tinggal di Gedung Putih.

Selain Bo dan Sunny, Presiden George W Bush dan Ibu Negara Laura Bush memiliki anjing Scottish terriers bernama Barney dan Miss Beazley.

Barney bahkan pernah terlihat turun dari pesawat kepresidenan Air Force One pada 3 Januari 2004. Selain itu, Bush juga punya anjing bernama Spot. Barney dan Spot pernah naik helikopter kepresidenan bersama Bush.

Presiden Bill Clinton dan istrinya, Hillary Clinton, memelihara seekor anjing bernama Buddy.

Baca juga: Bagaimana Nasib Anjing K-9 saat Negara Bagian AS Melegalisasi Ganja?

Agak ke belakang lagi, Presiden ke-40 AS Ronald Reagen, membawa anjingnya, Lucky, ke Gedung Putih. Lucky merupakan anjing gembala jenis Bouvier des Flandres.

Pada 6 Oktober 1965, foto Lyndon Johnson di kantornya di Oval Office, Gedung Putih, menunjukkan dia sedang bersama anjingnya, Blanco.

Tak hanya Blanco, dia juga memelihara anjing jenis beagles bernama Him dan Her, anjing lainnya bernama Yuki dan Edgar.

2. Kucing

Halaman:
Sumber CNN,CBS News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com