Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Ini Mampu Berhubungan Seks Selama 14 Jam lalu Mati

Kompas.com - 12/05/2018, 16:55 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

CANBERRA, KOMPAS.com - Dua spesies hewan berkantung atau marsupial yang ditemukan lima tahun lalu kini ditempatkan sebagai hewan yang terancam kepunahan.

Sebab, sang pejantan langsung mati setelah melakukan hubungan seks yang amat panjang bahkan bisa berlangsung selama 14 jam.

Hubungan seks yang memakan bantu belasan jam itu menghancurkan tubuh antechinus ekor hitam dan antechinus kepala perak yang sekilas amat mirip tikus ini.

"Amat jarang bisa menemukan spesies mamalia baru di negara maju seperti Australia," kata Dr Andrew Baker dari Universitas Teknologi Queensland.

Baca juga: Terlalu Dikagumi Manusia, Kura-kura Bergaya Punk Terancam Punah

"Dua spesies ini ditemukan di puncak-puncak gunung. Mereka pindah ke sana di saat cuaca menjadi lebih hangat dan kini tak ada tempat lain bagi mereka," tambah Baker.

"Australia memiliki rerata kepunahan mamalia tertinggi di dunia. Jadi saya bahagia pemerintah setuju memasukkan antechinus ke dalam daftar hewan yang terancam punah," lanjut Baker.

Baker menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari spesies baru ini.

"Baik pejantan maupun betinanya terancam punah. Tujuan hidup pejantan adalah melindungi betina dari jantan lainnya. Sedangkan yang betina bertujuan untuk berhubungan seks sesering mungkin," papar Baker.

"Terkadang hewan ini bisa berhubungan seks secara terus menerus hingga 14 jam. Setelah hubungan seks ini antechinus jantan mati," lanjut dia.

Hormon testoteron yang dihasilkan dalam proses ini memicu peningkatan hormon cortisol yang memicu stres. Kondisi ini amat mematikan bagi antechinus jantan.

Jika hewan ini punah, lanjut Baker, bisa membahayakan kelangsungan hidup spesies lainnya. Sebab, beberapa tumbuhan amat bergantung pada hewan ini dalam proses penyerbukan.

"Amat mungkin spesies ini akan punah," kata pakar biologi Thomas Mutton.

Baca juga: Tak Ada Kelahiran Tahun Ini, Paus Balin Terancam Punah?

"Banyak spesies hewan di Australia terancam punah dan sudah saatnya masyarakat lebih memikirkan mereka," tambah Mutton.

Pada 2013, terdapat 10 spesies antechinus dan saat itu semuanya belum terancam punah. Kini dua spesies terancam punah dan dua spesies lagi jumlahnya terus menyusut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com