Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompeo: AS akan Bantu Bangun Perekonomian Korea Utara Jika...

Kompas.com - 12/05/2018, 09:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, Washington siap bekerja sama dengan Pyongyang dalam membangun perekonomian negaranya, tapi dengan syarat Korea Utara mau menyerahkan persenjataan nuklirnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Pompeo usai bertemu dengan kompatriotnya di Korea Selatan, Kang Kyung-hwa.

Keduanya bertemu dalam rangka mempersiapkan pertemuan bersejarah antara pemimpin AS dengan Korea Utara yang diagendakan di Singapura, 12 Juni mendatang.

"Jika Korea Utara bersedia mengambil langkah tegas untuk denuklirisasi dengan cepat, maka AS akan siap untuk bekerja sama dengan Pyongyang dalam mencapai kemakmuran yang setara dengan rekan Korea Selatan," ujar Pompeo, pada Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Tawa Kim Jong Un dan Mike Pompeo saat Berjumpa di Pyongyang

Sejumlah pengamat mengaku khawatir keinginan Korea Selatan dalam membangun ikatan perdamaian dengan Utara yang akan semakin menjauh seiring waktu dari kebijakan AS yang ingin mencapai pelucutan nuklir dengan cara apa pun.

Namun demikian, baik Kang maupun Pompeo bersikeras bahwa mereka sepakat dengan pentingnya dilakukan denuklirisasi di wilayah semenanjung secara total, lengkap, permanen dan terverifikasi.

Pompeo menambahkan, AS akan tetap dengan rencananya untuk membantu mengembangkan perekonomian Korea Utara yang telah hancur akibat kesalahan manajemennya sendiri, ditambah dengan dampak sanksi internasional.

Pompeo telah beberapa kali bertemu dengan pihak Korea Utara, termasuk dengan Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un.

Pertemuan yang dilangsungkan salah satunya untuk mempersiapkan konferensi puncak antara kedua pemimpin negara AS dengan Korut.

Serta pekan lalu, saat dirinya bernegosiasi dengan Kim untuk melepaskan tiga orang warga Korea-Amerika yang telah ditahan di penjara Korut.

Menurut Pompeo dari beberapa kali pertemuannya, Kim merupakan sosok teman diskusi yang fokus serta rasional.

"Kami memiliki pembicaraan yang baik, percakapan yang melibatkan masalah rumit, sejumlah tantangan serta keputusan strategis yang dimiliki Ketua Kim sebelumnya," ujar Pompeo dilansir AFP.

Baca juga: Kim Jong Un Sebut Mike Pompeo Seperti Dirinya, Punya Keberanian

Pompeo turut membahas langkah lanjutan dan persiapan yang dibutuhkan termasuk imbalan jaminan yang akan diberikan jika Korea Utara siap untuk melakukan denuklirisasi.

Pompeo menyebut perlunya ada program verifikasi kuat yang melibatkan mitra di seluruh dunia.

"Namun saya yakin kami telah memiliki pemahaman yang sama akan hasil yang diharapkan para pemimpin, baik Presiden Trump, Ketua Kim, maupun Presiden Moon (Jae-in)," katanya.

"Saya berpikir kami memiliki visi yang sama untuk apa yang kami harapkan dan ada kesepakatan tentang tujuan akhir yang sama," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com