Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Masukkan PIN, Pria di China Bayar Satu Bakpao Rp 300 Juta Lebih

Kompas.com - 09/05/2018, 23:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

ZHENGZHOU, KOMPAS.com - Masih ingat dengan kejadian seorang wanita di Swiss yang harus membayar hingga Rp 107 juta saat membeli kopi karena salah memasukkan PIN.

Kali ini kejadian serupa terjadi di China dengan seorang pria yang harus membayar sekitar 150.000 yuan (sekitar Rp 331 juta) untuk sebuah roti bakpao.

Diberitakan Zhengzhou Evening News yang dikutip SCMP, pria tersebut membayar secara elektronik sebuah roti kukus yang sebenarnya hanya berharga 1,5 yuan atau Rp 3.300.

Namun insiden yang terjadi di sebuah toko roti di Zhengzhou, provinsi Henan itu baru diketahui pemilik toko pada akhir bulan saat dirinya merekap hasil penjualan.

Baca juga : Cantumkan PIN Kartu Kredit Saat Bayar Kopi, Wanita Ini Rugi Rp 107 Juta

Pemilik toko, He Liuzhu menduga salah satu pelanggannya telah salah memasukkan nomor PIN-nya saat diminta menekan jumlah uang yang akan dibayarkan saat mentransfer menggunakan aplikasi elektronik.

Akibatnya, jumlah uang yang dibayarkan senilai angka PIN tersebut.

"Saya sudah membuka toko roti ini selama delapan tahun dan penghasilan per bulannya hanya berkisar 10.000 yuan (sekitar Rp 22 juta)," kata Liuzhu.

"Tapi bulan lalu saya melihat jumlahnya sampai lebih dari 140.000 yuan. Itu sama dengan pendapat toko saya selama setahun," tambahnya.

Liuzhu pun berupaya mencari tahu pelanggan yang telah melakukan kesalahan pembayaran itu dan bermaksud mengembalikan kelebihan jumlah pembayaran itu.

Dia telah melaporkan kesalahan tersebut pada penyedia layanan pembayaran elektronik ternama di China, Alipay.

Baca juga : Curi PIN di Gadget Majikan, Orang Ini Kuras Rp 121 Juta dari Rekening Korban

Liuzhu juga memeriksa rekaman kamera pengawas di tokonya untuk mencari tahu pelanggannya. Namun dia kesulitan karena pembelian itu dilakukan saat toko tengah ramai pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com