Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Cerita Bohong Soal Anaknya yang Sakit Kanker, Suami Istri Ini Ditahan

Kompas.com - 09/05/2018, 16:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Sepasang suami istri di New York, AS dituduh telah mengarang cerita palsu tentang putra mereka yang menderita kanker demi mengumpulkan uang donasi.

Pasangan Martin LaFrance dan Jolene LaFrance, keduanya berusia 35 tahun, telah mengumpulkan uang hingga 3.300 dollar AS (sekitar Rp 46 juta) dengan menggunakan situs donasi, GoFundMe.

Namun keduanya dituduh telah membuat cerita palsu soal penyakit putranya dan ditahan pada Jumat (4/5/2018) lalu

"Keduanya dituduh melakukan penipuan dengan melibatkan kondisi kesehatan anak mereka," tulis pernyataan kantor Sheriff Cayuga County.

"Setelah dilakukan penyelidikan selama empat bulan ditemukan bahwa mereka telah berbohong tentang diagnosis kanker anak mereka," tambah laporan tersebut dilansir New York Post.

Baca juga : Facebook Akan Menyensor Berita Bohong

Menurut keterangan dalam laman akun GoFundMe pasangan LaFrance, putra mereka yang bernama CJ sedang berjuang melawan penyakit limfoma Hodgkin dan tumor lain di bagian dada.

Keterangan tambahan dalam laman situs tersebut menyebut pasangan yang berasal dari Port Byron itu sudah tidak bekerja sejak Maret dan tidak lagi memiliki pemasukan.

Setelah mendapatkan donasi, Martin LaFrance menyampaikan terima kasihnya kepada 42 pemberi donasi melalui kolom komentar.

Menurut kantor Sheriff Cayuga County, hasil investigasi yang dilakukan mengungkapkan bahwa putra pasangan LaFrance tidak pernah didiagnosa dengan kanker maupun kondisi medis lainnya.

Pada Agustus 2017 lalu, CJ LaFrance dan keluargnya menjadi tamu khusus dalam acara latihan bersama tim futbol Universitas Syracuse.

Baca juga : Polisi Tangkap Guru SMA karena Sebarkan Berita Bohong dan Ujaran Kebencian

Saat itu CJ yang berusia sembilan tahun mendapat kesempatan bertemu dengan pemain favoritnya. Di kesempatan itu pula mereka mengumumkan tentang penyakit yang diderita CJ.

Polisi kini masih mengumpulkan informasi dan bukti seputar kasus dugaan penipuan ini, serta mencari saksi.

Sementara pasangan LaFrance dijadwalkan muncul dalam persidangan di Pengadilan Kota Montezuma pada 16 Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com