Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Buron, "Nenek Nazi" Ditangkap di Jerman

Kompas.com - 07/05/2018, 22:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com — Kepolisian Jerman, pada Senin (7/5/2018), berhasil menemukan dan menahan seorang perempuan berusia 89 tahun yang didakwa bersalah terlibat dalam kasus Holocaust.

Ursula Haverbeck, yang dijuluki "Nenek Nazi" oleh media di Jerman, telah divonis bersalah pada persidangan pada Oktober atas delapan tuduhan dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara.

Namun, dia yang diwajibkan melapor ke penjara dan menyerahkan diri untuk memulai hukumannya paling lambat pada 23 April lalu itu tidak hadir dan justru melarikan diri.

"Setelah terpidana tidak melapor ke lembaga pemasyarakatan terkait dalam batas waktu, jaksa di Verden pada 4 Mei 2018 mengeluarkan surat perintah untuk eksekusi hukuman," kata jaksa dalam pernyataannya.

Baca juga: Belum Sempat Masuk Bui, Eks Bendahara Nazi Meninggal di Usia 96 Tahun

Kepolisian pun memerintahkan pencarian atas terpidana dan setelah tiga hari polisi menemukan nenek itu di rumahnya di kota Vlotho. Demikian diberitakan DPA mengutip polisi dan jaksa.

Setelah ditahan, Nenek Ursula segera dipindahkan ke penjara untuk menjalani masa hukumannya.

Ursula Haverbeck tercatat pernah menjadi ketua pusat pelatihan sayap kanan yang ditutup pada 2008 lalu karena menyebarkan propaganda Nazi.

Dia dihukum karena tuduhan melakukan penyangkalan Holocaust. Dalam persidangan pada 2015, dia bersikeras bahwa Auschwitz tidak terbukti secara historis sebagai kamp kematian.

"Itu (Auschwitz) tidak lebih dari sekadar keyakinan," kata Haverbeck dikutip AFP.

Ursula juga pernah tampil di televisi dan menyatakan bahwa Holocaust adalah kebohongan terbesar dan terus bertahan dalam sejarah.

Holocaust menunjuk pada tragedi pembunuhan sekitar 1,1 juta orang, sebagian besar orang Yahudi Eropa, antara tahun 1940 hingga 1945 di kamp konsentrasi Auschwitz yang dijalankan Nazi Jerman.

Baca juga: Foto Korban Kamp Konsentrasi Nazi Jerman di Auschwitz Dipublikasikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com