Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Ingin Israel Akui 4 Wilayah di Yerusalem Timur Ini Milik Palestina

Kompas.com - 07/05/2018, 19:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump telah memaparkan gambaran besar rencana perdamaiannya untuk Palestina dan Israel terkait dengan Yerusalem.

Dalam rencana tersebut, Trump mengharap Israel mau mengakui empat wilayah di Yerusalem Timur sebagai wilayah Palestina.

Dilaporkan media Israel, Maariv, Presiden Trump telah menyampaikan rencananya tersebut kepada Menteri Pertahanan Avigdor Liberman saat berkunjung ke Washington DC.

Dilansir dari Jerusalem Online, Presiden Trump meminta Israel menarik diri dari empat wilayah di Yerusalem Timur yakni Shuafat, Jabel Mukaber, Isawiya dan Abu Dis.

Baca juga : Raja Arab Saudi Beri Sumbangan Rp 2 Triliun untuk Palestina

Selain itu, Trump mengharap otoritas Israel dapat mengakui keempat wilayah tersebut sebagai wilayah Palestina, sehingga dapat menjadi ibu kota masa depan Palestina.

Surat kabar Maariv menambahkan, jika Israel bersedia memenuhi permintaan AS, maka mereka akan menerima dukungan tanpa syarat dari Gedung Putih terkait isu nuklir Iran.

AS menyatakan siap memberikan dukungan tingkat internasional jika Israel memutuskan menentang Iran secara langsung, bahkan jika terjadi perang.

Kabar mengenai rencana AS itu muncul di tengah persiapan Washington yang akan memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv menuju Yerusalem yang dijadwalkan pada 14 Mei mendatang.

Pemindahan tersebut menyusul pengakuan Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang dikecam banyak pihak, terutama warga Palestina.

Akibat pengakuan itu, Presiden Mahmoud Abbas mengatakan untuk selanjutnya bakal menolak setiap penawaran dari AS.

Baca juga : Raja Salman Tolak Rencana AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Otoritas Palestina juga telah mengkonfirmasi tawaran yang disampaikan AS untuk menjadikan Abu Dis sebagai ibu kota masa depan mereka.

Rincian akan rencana Trump diharapkan dapat segera terungkap segera setelah pemindahan kedubes.

Sementara itu, para pejabat AS yang didekati Jerusalem Post telah membantah dengan tegas laporan mengenai rencana Trump dan menyebutnya masih dalam tahap perencanaan akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com