Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Gunung Berapi di Hawaii, Gas Beracun Ancam Ribuan Warga

Kompas.com - 06/05/2018, 21:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HONOLULU, KOMPAS.com - Gunung berapi Kilauea yang meletus di Pulau Besar, Hawaii, membawa berbagai dampak terhadap warga Hawaii. Selain lahar panas, gunung berapi turut mengeluarkan gas yang berbahaya bagi kesehatan.

Letusan gunung Kilauea diawali guncangan gempa berkekuatan magnitudo 6,9 yang memicu runtuhnya tebing pantai dan mendorong keluarnya lahar panas.

Gempa yang terjadi telah memaksa hampir 2.000 orang untuk dievakuasi. Kekuatan gempa tersebut tercatat sebagai yang terkuat yang pernah mengguncang AS sejak 1975.

Erupsi Gunung Kilauea terus meningkat dan lahar yang telah mencapai permukiman warga memaksa dilakukannya evakuasi massal di pulau tersebut.

Menurut Badan Pertahanan Sipil Hawaii, suhu lahar dapat mencapai sekitar 1.150 derajat selsius.

Baca juga : Gunung Meletus Muntahkan Lahar, Ribuan Warga Hawaii Dievakuasi

Badan tersebut menambahkan, informasi dari Departemen Pemadam Kebakaran Hawaii telah melaporkan kondisi kualitas udara yang sangat buruk dan berbahaya.

"Kondisi kualitas udara yang berbahaya karena tingginya tingkat gas sulfur dioksida di daerah evakuasi. Gas tersebut dapat menyebabkan sesak napas dan iritasi pada kulit," kata badan tersebut dalam pernyataannya.

Berminggu-minggu bahkan Bulan

Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan beberapa retakan lahar telah terbuka di Leilani Estate di distrik Puna, sekitar 19 kilometer dari gunung berapi.

Sementara dilansir Daily Express dari Observatori Gunung Berapi Hawaii menyebut aktivitas erupsi gunung masih terus meningkat dan dikhawatirkan dapat terus berlanjut hingga hitungan minggu bahkan bulan.

Juru bicara observatori, Janet Babb menyampaikan bencana yang terjadi sejak Kamis lalu menunjukkan kemiripan dengan letusan yang terjadi di wilayah tersebut 53 tahun lalu di mana berlangsung hingga 88 hari.

Baca juga : Gunung Kilauea di Hawaii Erupsi, 10.000 Penduduk Diimbau Waspada

Gunung Kilauea termasuk dalam salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Lahar yang keluar dari gunung tersebut kini telah menutupi area hingga 125 kilometer persegi, menurut USGS.

Meski tidak ada laporan korban jiwa maupun luka, Pemerintah Hawaii telah mengatifkan satuan Garda Nasional untuk memberikan bantuan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com