Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pelantikan Putin, Polisi Rusia Tangkap 350 Demonstran

Kompas.com - 05/05/2018, 21:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebanyak 350 pengunjuk rasa di Rusia dilaporkan ditangkap jelang pelantikan Presiden Vladimir Putin Senin (7/5/2018).

Dilansir AFP dan Radio Free Europe Sabtu (5/5/2018), di antara 350 demonstran yang ditangkap, terdapat pemimpin oposisi Alexei Navalny.

Dalam video yang beredar di Twitter, Navalny yang mengenakan kemeja kotak-kotak itu ditangkap tak lama setelah dia datang pada apel yang digelar di Lapangan Pushkin.

Di bawah slogan "Dia Bukan Tsar Kami", Navalny meminta semua pendukungnya untuk turun ke jalan pada Sabtu, untuk memprotes kekuasaan absolut yang dipegang Putin.

Baca juga : Putin Dikabarkan Sebut Rusia Punya PSK Terbaik di Dunia kepada Trump

Otoritas Moskwa telah meminta Navalny dan pendukungnya untuk tidak menggelar pawai di ibu kota karena tidak diberikan izinnya.

Adapun aksi unjuk rasa itu digelar di 90 kota sepanjang Sabtu ini. Jumlah demonstran yang tertangkap paling banyak berasal dari Siberia dan kawasan timur Rusia.

Di Krasnoyarsk, 150 orang ditahan menyusul bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi bersenjata tongkat pemukul.

Di Yakutsk, kepolisian membekuk 75 demonstran. Di Novokuznetsk, aparat mengamankan 20 orang demonstran yang mengambil bagian dalam aksi tersebut.

Adapun di kota Yekaterinburg, polisi dilaporkan mencari markas pergerakan Navalny di sana, dan menyita selebaran yang mengajak aksi 5 Mei.

Navalny telah lama menjadi kritikus utama Putin. Menurutnya, pemmilu yang digelar 18 Maret lalu itu dipenuhi dengan kecurangan.

Dia mendapat larangan berpartisipasi di Pilpres setelah dituding melakukan kejahatan finansial. Navalny menyanggah dengan berkata tudingan itu merupakan rekayasa.

Baca juga : Wali Kotanya Anti-Putin, Parlemen Kota Ini Hapuskan Pemilu Langsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com