Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terekam Memanggul Lumba-Lumba, Pria di China Buron

Kompas.com - 04/05/2018, 14:56 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Kepolisian China memburu seorang pria yang terekam sedang memanggul lumba-lumba di sebuah pantai di provinsi Guangdong.

South China Morning Post melaporkan pada Kamis (3/5/2018), video direkam pada Selasa lalu di Pulau Hailing, yang merupakan destinasi wisata populer di Guangdong.

Pria itu terlihat mengenakan celana renang pendek, sedang berjalan santai di pantai dengan lumba-lumba di atas bahunya dan diikuti oleh seorang perempuan di belakangnya.

Baca juga : China Pasang Rudal Penjelajah di Laut China Selatan

Kepada situs Btime.com, otoritas perikanan setempat mengatakan, pihaknya menerima laporan dari saksi mata tentang keberadaan lumba-lumba yang terdampar di pantai.

"Pria itu terlihat membawa lumba-lumba ke mobilnya. Dia bakal mendapat hukuman jika sudah teridentifikasi," ucap pejabat otoritas yang enggan disebutkan namanya.

"Lumba-lumba merupakan hewan yang dilindungi. Apakah itu mati atau hidup, dia seharusnya menghubungi otoritas untuk meminta bantuan," katanya.

Kementerian Keamanan Publik China menyatakan, penyelidikan sedang dilakukan dan mengimbau warga melapor informasi apa pun terkait pria tersebut.

"Saksi mata melihat lumba-lumba itu nampak sekarat dan hampir mati di tepi pantai," kata pejabat otoritas perikanan.

Baca juga : Di China, Anak-anak Menyewa Ponsel untuk Bermain Game

Dilansir dari BBC, pengguna media sosial di China mengkritik aksi pria yang memanggul lumba-lumba.

"Saya bahkan tidak tahu hukuman apa yang pantas atas perbuatan semacam ini," tulis pengguna di Weibo.

"Jika Anda mampu, curilah hiu dari laut dan lihat apa yang akan terjadi. Tinggalkan lumba-lumba itu sendirian," tulis pengguna lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com