Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura-Kuala Lumpur Jadi Rute Penerbangan Internasional Tersibuk di Dunia

Kompas.com - 04/05/2018, 13:08 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC

SINGAPURA, KOMPAS.com - Penerbangan yang menghubungkan Singapura-Kuala Lumpur dinobatkan sebagai rute penerbangan internasional tersibuk di dunia.

Dilansir dari BBC, Jumat (4/5/2018), lembaga analisis penerbangan OAG mencatat, ada 30.537 perjalanan pesawat yang tecatat antara kedua bandara tersebut dalam satu tahun hingga Februari 2018.

Dari angka tersebut, berarti ada 84 penerbangan Singapura-Kuala Lumpur setiap harinya.

Maskapai penerbangan dengan berbagai pilihan kelas seperti Scoot, Jetstar, Air Asia, Malindo Air, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines, melayani rute ini.

Baca juga : Singapore Airlines Hentikan Camilan Kacang untuk Penumpang, Ini Alasannya...

Rute penerbangan antara Singapura dan Kuala Lumpur ditempuh sekitar 1 jam, dan saat ini pembangunan kereta cepat kedua lokasi tersebut sedang direncanakan.

Business Traveller melaporkan, posisi kedua penerbangan tersibuk di dunia diraih oleh Hong Kong-Taipei dengan 28.887 penerbangan.

Jakarta-Singapura berada di peringkat ketiga dengan 23.704 penerbangan, diikuti oleh Hong Kong-Shanghai Pudong sebanyak 21.888 penerbangan, dan Jakarta-Kuala Lumpur di posisi kelima dengan 19.849 penerbangan.

"Ini tidak mengejutkan jika Asia-Pasifik mencatatkan 14 rute dari 20 rute penerbangan tersibuk di dunia," kata Mayur Patel, direktur penjualan regional JAPAC untuk OAG.

Sementara itu, rute penerbangan internasional yang paling sibuk di luar Asia diraih oleh rute New York-Toronto dengan 16.956 penerbangan.

Baca juga : Mesin Rusak, Malaysia Airlines Mendarat Darurat di Alice Springs

Namun, rute penerbangan internasional tersibuk di dunia itu tidak dapat mengalahkan rute penerbangan domestik paling populer.

Kendati masuk kategori rute penerbangan domestik, namun Seoul-Jeju menjadi rute paling sibuk di dunia. Sekitar 65.000 perjalanan pesawat tercatat di kedua tempat sepanjang 2017.

Artinya, ada sekitar 180 penerbangan setiap harinya antara Seoul-Jeju, di Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com