Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pewarta Foto Terhukum Mati Peroleh Guillermo Cano World Press Freedom 2018

Kompas.com - 03/05/2018, 14:20 WIB
Amir Sodikin

Editor

ACCRA, KOMPAS.com - Pewarta foto dari Mesir, Mahmoud Abu Zeid, yang dikenal juga sebagai Shawkan, memperoleh penghargaan Guillermo Cano World Press Freedom Prize dari UNESCO di Accra, Ghana, pada Selasa (2/5/2018).

Penghargaan ini disampaikan dalam ajang peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia atau World Press Freedom Day 2018 yang kali ini digelar di Ghana, Afrika Barat. Veronika Kaban dan Nashya Tamara, keduanya delegasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN), melaporkan dari lokasi konferensi di Ghana untuk Kompas.com. 

Seperti tahun–tahun sebelumnya, dalam peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia UNESCO selalu memberikan penghargaan bagi jurnalis.

Guillermo Cano World Press Freedom Prize diberikan kepada seseorang, organisasi atau institusi yang berkontribusi dalam menjaga dan mempromosikan kebebasan pers di mana pun di dunia, terutama ketika mereka sedang dalam sutasi berbahaya atau terancam.

Baca juga : Hari Kebebasan Pers Dunia 2018 Digelar di Ghana, Dewan Pers Soroti soal Berita Bohong

Shawkan dipilih oleh juri indepen dari profesional media yang diketuai oleh Maria Ressa, CEO and Executive Editor Rappler. UNESCO dan sejumlah sponsor lainnya seperti Fundacion Guillermo Cano, Helsingin Sanomat Faoundation, dan Namibia Media Trust memberikan 25.000 dollar AS sebagai hadiah.

Shawkan dipenjara sejak 14 Agustus 2013 ketika ia ditangkap saat meliput demonstrasi di Rabba Al – Adawiya Square di Kairo. Di awal tahun 2017, jaksa pada kasusnya menuntut hukuman mati terhadap dirinya.

Ia dipilih sebagai penghargaan terhadap keberanian dan komitmennya dalam kebebasan berekspresi. Sementara, nama Guillermo Cano merupakan penghargaan terhadap jurnalis Colombia, Guillermo Cano Isaza.

Guillermo dibunuh di depan kantor majalahnya El Espectador in Bogota, Colombia pada tahun
1986. (Nashya Tamara dan Veronika Kaban, Delegasi Universitas Multimedia Nusantara pada World Press Freedom Day (WPFD) 2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com