Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kebebasan Pers Dunia 2018 Digelar di Ghana, Dewan Pers Soroti soal Berita Bohong

Kompas.com - 03/05/2018, 08:11 WIB
Amir Sodikin

Editor

GHANA, KOMPAS.com - World Press Freedom Day (WPFD) atau Hari Kebebasan Pers Dunia 2018 digelar di Ghana, Afrika Barat. Perayaan ini berlangsung pada tanggal 2- 3 Mei 2018 di Kempinksi Hotel, Accra, Ghana.

Dalam forum itu, Dewan Pers dari Indonesia berbagi pengetahuan soal bagaimana menanggulangi berita bohong atau fake news.

Perwakilan Dewan Pers Indonesia adalah Nezar Patria yang menjadi salah satu pembicara dalam sesi paralel bersanding bersama pembicara lainnya yaitu jurnalis investigasi Catherine Gicheru, Direktur Eksekutif Media Foundation for West Africa Sulemana Braimah, Senior Programme Manager Governance Institute and Processes Grant Masterson, serta President International Center for Journalist Joyce Barnathan sebagai moderator.

Indonesia dipilih menjadi salah satu pembicara karena tema yang diangkat sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini yaitu Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilihan Presiden 2019. Tema yang diangkat meliput pemilu dan kampanye, tantangan lama dan baru di era disinformasi media.

Nezar Patria bercerita bagaimana fake news atau berita bohong berkembang di Indonesia saat pemilihan kepala daerah dan menjelangan pemilihan umum 2019. “Kebanyakan berita bohong dibuat oleh masyarakat, mereka sangat aktif di media sosial,” kata Nezar.

Nezar bercerita, berbagai cara diupayakan pemerintah di antaranya melalui divisi Cyber Crime Kepolisian RI dan melalui upaya pelajaran literasi digital di sekolah bagi kaum muda.

Menurut Nezar, keaktifan masyarakat membuat berita bohong juga dipengarahui turunnya kepercayaan masyarakat terhadap media mainstream. Sejumlah media dianggap tidak lagi independen melaporkan informasi sehingga masyarakat lebih tertarik mencari informasi di media sosial.

Dewan pers menjadi salah satu yang berupaya bersama media mainstream untuk menyaring berita bohong dari media sosial. Serupa dengan di Indonesia, fake news juga berkembang di Ghana saat pemiliihan umum.

Hal menarik juga diungkapkan oleh Sulemana Braimah, Direktur Eksekutif Media Foundation for West Africa. Yang membagikan cerita bagaimana upaya yang dilakukan institusinya untuk menyaring berita bohong saat masa pemilihan umum tahun 2016 di Ghana.

Memang membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan fact checking. Institusinya melakukannya secara manual pada 70 radio oleh 70 orang, 12 koran oleh 5 orang, dan 12 media online dengan 5 orang .

“Untuk menahan fake news, setiap lembaga independen harus melakukan fact checking serupa” kata Sulemana.


Acara pembukaan

Hadir sebagai pembicara dalam pembukaan World Pers Freedom Day adalah Menteri Informasi Ghana Dr Mustapha Hamid, Deputy Director General Unesco Getachew Engida, dan Senior Policy Manager World Wide Web Foundation Nnenna Nwakanma.

Ghana, Afrika Barat menjadi tuan rumah peringatan World Press Freedom Day (WPFD)  atau  Hari Kebebasan Pers Dunia 2018. Perayaan ini akan berlangsung pada tanggal 2- 3 Mei 2018 di Kempinksi Hotel, Accra, Ghana. Dok Delegasi UMN pada WPFD 2018 Ghana, Afrika Barat menjadi tuan rumah peringatan World Press Freedom Day (WPFD) atau Hari Kebebasan Pers Dunia 2018. Perayaan ini akan berlangsung pada tanggal 2- 3 Mei 2018 di Kempinksi Hotel, Accra, Ghana.
Hari Kebebasan Pers Dunia dirayakan setiap tanggal 3 Mei. Konferensi internasional kali ini mengangkat tema besar kekuatan verifikasi data pada media, keadilan dan aturan hukum.

Ghana merupakan salah satu negara dengan kebebasan pers tertinggi di kawasan Afrika dan merupakan negara demokrasi sejak tahun 1992. Dalam dua hari ini perhelatan dunia ini juga akan diisi dengan 18 sesi seminar dan 2 konferensi akademik dan 2 sesi plenary.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com