Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Trump" dan "Nuklir" Jadi Kata yang Sering Diucapkan Kim Jong Un

Kompas.com - 02/05/2018, 23:46 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

SEOUL, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) dengan Presidennya Donald Trump dan senjata nuklir jadi kata yang sering diucapkan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Kim mengucapkannya saat terlibat percakapan pribadi dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In, seperti diberitakan Newsweek Rabu (2/5/2018).

Keduanya bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Panmunjom, Korsel, pada Jumat pekan lalu (27/4/2018).

Dua media Korsel, Channel A News dan Chosun Ilbo, menggunakan jasa pembaca bibir untuk melihat apa yang dibicarakan Kim kepada Moon.

Baca juga : 78 Persen Rakyat Korea Selatan Nilai Kim Jong Un Bisa Dipercaya

Momen pembicaraan tersebut disiarkan ketika keduanya selesai melakukan prosesi penanaman pohon pinus sebagai simbol perdamaian.

Chosun Ilbo mengulas, kata-kata "Trump", "Nuklir", serta "AS" menunjukkan kedua pemimpin itu tengah membahas keraguan akan komitmen Korut melakukan denuklirisasi.

Dari pembaca bibir, Kim berkata bahwa dia berharap pertemuannya dengan Trump yang direncanakan digelar Mei atau awal Juni bakal berlangsung sukses.

Sumber internal pemerintahan Korsel mengakui, Trump merupakan salah satu topik yang dibahas kedua pemimpin itu, selain basket yang menjadi olahraga kegemaran Kim.

"Di jembatan, nampaknya Ketua Kim lebih banyak bertanya, dan Presiden menjawab soal pertemuan Korut-AS," kata pejabat tersebut.

Adapun pembaca bibir di Channel A News membahas hubungan Kim dan Moon yang begitu cair ketika Kim bercerita bagaimana dia menikahi istrinya, Ri Sol Ju.

Saat itu, ayah sekaligus mendiang Pemimpin Korut, Kim Jong Il, melihat Ri. "Ayah memberi tahu saya untuk menikahinya. Jadi saya percaya," kata Kim.

Bahkan istri Moon, Kim Jung Sook, nampak senang dengan begitu dekatnya hubungan yang dibangun oleh Moon serta Kim.

Kim Jung Sook berkata kalau dia begitu teduh melihat suaminya dan Kim berbicara di jembatan.

"Ini menandakan kemakmuran bakal segera datang di masa mendatang," kata Kim Jung Sook dalam jamuan makan malam.

Baca juga : Misteri di Balik Rosti Swiss yang Disantap Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com