Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Pelecehan Seksual di Chile Penuhi Undangan Paus Fransiskus

Kompas.com - 30/04/2018, 15:03 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Tiga korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang imam di Chile, bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Minggu (29/4/2018).

Kehadiran mereka menunjukkan keseriusan Vatikan untuk mengungkap skandal pelecehan seksual yang mengguncang Gereja Katolik Roma di Chile.

Korban dari pastor Fernando Karadima ini berada di Vatican City atas undangan pribadi dari paus. Paus Fransiskus bertemu dengan Juan Carlos Cruz, James Hamilton, dan Jose Andres Murillo secara tertutup.

Baca juga : Paus Fransiskus Undang Korban Pelecehan Seksual ke Vatikan

Cruz mengatakan, pertemuannya dengan paus berlangsung sekitar dua jam. Menurut dia, perjumpaan itu memberinya harapan bagi gereja yang memiliki tugas besar.

"Ini menggerakan hati saya, dia mendengarkan saya dengan penuh hormat, kasih, dan kedekatan seperti seorang ayah," kicaunya di Twitter.

Sementara Murillo menyampaikan kepada Paus Fransiskus, betapa pentingnya untuk memahami pelecehan seksual merupakan penyalahgunaan kekuasaan.

Dia berpendapat, tindakan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan dengan permintaan minta maaf, sedangkan Hamilton menyebut pertemuannya dengan Paus Fransiskus berlangsung dengan hangat.

Ketiganya dijadwalkan akan melakukan konferensi pers bersama pada Rabu (2/5/2018).

Baca juga : Paus Fransiskus Traktir Tunawisma 3.000 Es Krim

Paus menghadapi kritik ketika membiarkan aksi tindakan Barros menutupi kasus pelecehan Karadima yang dilakukan pada 1980-an hingga 1990-an.

Pada Januari lalu, Paus Fransiskus membela Barros. Namun, kemudian dia meminta maaf dan mengirim Uskup Agung Charles Scicluna untuk mengumpulkan bukti-bukti dari kasus tersebut.

Kemudian pada April 2018, Paus Fransiskus mengaku telah membuat kesalahan besar dalam menangani kasus kontroversial di Chile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com