Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Suriah Klaim Dua Markas Militernya Diserang Rudal

Kompas.com - 30/04/2018, 08:59 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Newsweek,AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pasukan Suriah menyebut misil telah menyerang markas militer pemerintah di provinsi Hamas dan Aleppo pada Minggu (29/4/2018) malam waktu setempat.

Dilansir dari AFP, mengutip kantor berita SANA, belum diketahui kepemilikan dari misil-misil tersebut.

Observatorium Suriah Hak Asasi Manusia mengonfirmasi telah terjadi serangan rudal yang menargetkan dua lokasi. Namun, lembaga pemantau berbasis di Inggris itu tidak dapat menyebutkan dampak dari serangan itu.

"Serangan terbaru dengan rudal menargetkan kedudukan militer di provinsi Hama dan Allepo," demikian laporan dari SANA yang disampaikan oleh sumber dari militer.

Baca juga : Saudi Sumbang Rp 1,3 Triliun untuk Bantuan Kemanusiaan di Suriah

Laporan menyebutkan, pangkalan militer Resimen 47 di Hama mengalami kebakaran selama 1,5 jam akibat terkena serangan roket.

Stasiun televisi pemerintah menyiarkan video kemunculan api dari lokasi yang terjadi sekitar pukul 22.30 malam waktu setempat.

Klaim adanya serangan rudal terjadi ketika ketegangan di Suriah semakin meningkat, setelah pemerintah dan sekutunya, Iran, menuduh Israel sebagai pelaku penyerangan mematikan yang menerjang pangkalan militer pada 9 April lalu di Homs.

Serangan tersebut diyakini telah menewaskan 14 prajurit, termasuk 7 orang berkewarganegaraan Iran.

"Kami tidak punya niat untuk menyerang Rusia atau ikut campur dalam masalah-masalah domestik Suriah," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liebermen, seperti dilansir dari Newsweek, Minggu (29/4/2018).

Baca juga : Pasukan Rezim Suriah Belum Izinkan Bantuan Kemanusiaan Memasuki Douma

"Tetapi jika seseorang berpikir untuk meluncurkan rudal atau menyerang Israel atau bahkan pesawat kami, kami akan merespons dengan sangat keras," ucapnya.

Setelah serangan pad 9 April 2018, kemudian pada 14 April 2018, AS, Perancis, dan Inggris meluncurkan serangan pada markas militer pemerintah Suriah.

Serangan tersebut sebagai respons atas dugaan serangan kimia di lokasi yang dikuasai pemberontak di Douma, sehingga menyebabkan puluhan warga sipil tewas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com