Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Tengkorak Romawi Ditemukan di Bawah Kolam Renang Hotel Tua

Kompas.com - 28/04/2018, 15:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

YORK, KOMPAS.com - Pekerja konstruksi sebuah proyek perobohan hotel tua di Inggris tak sengaja menemukan puluhan kerangka manusia yang diduga merupakan bangsa Romawi kuno.

Bangunan tua bernama Newington Hotel tersebut rencananya akan dirobohkan untuk dibangun menjadi tujuh rumah tinggal.

Namun saat tengah membongkar bagian kolam renang, para pekerja dikejutkan dengan temuan hingga 75 kerangka tengkorak. Pihak pengembang pun menghubungi Perserikatan Arkeologi Kota York.

"Untuk awalnya ada lebih dari 60 tengkorak Romawi yang ditemukan di bawah kolam renang, yang merupakan perluasan tanah pemakaman Romawi lebih jauh ke Gunung Vale," kata John Reeves, ketua pengembang Helmsley Group yang menangani pembongkaran.

Baca juga: Dikira Alien, Kerangka yang Ditemukan di Cile Ternyata...

"Semua harus dipindahkan secara hati-hati, dicatat kemudian diselidiki oleh Perserikatan Arkeologi," tambahnya dilansir dari Daily Mail, Sabtu (28/4/2018).

John menambahkan, penemuan kerangka tersebut tak sampai mempengaruhi proyek pembongkaran.

Beberapa sisa jenazah diyakini berasal dari tahun 50 SM, termasuk ornamen kepala dari tembaga yang tampak mulai terkikis dan sudah berwarna kehijauan.

David Scott dari Perserikatan Arkeologi Kota York mengatakan, temuan tersebut tidak terlalu mengherankan mengingat hubungan dengan kerajaan Romawi yang telah menghasilkan puluhan temuan sebelumnya.

"Bangunan hotel ini berdekatan dengan lokasi pemakaman yang sempat digali oleh LP Wenham pada tahun 1950-an dan itu menjadi salah satu titik pemakaman Romawi Inggris pertama yang dirilis di negara ini," kata dia.

"Situs ini juga terletak sekitar 300 meter dari penggalian sebelumnya pada 2004-2005 yang terkenal menemukan kerangka lebih dari 30 orang Romawi yang dipenggal," tambahnya.

Temuan tersebut diyakini sebagai makam para petarung gladiator. Namun temuan kali ini sangat berbeda.

Baca juga: Tentara Australia Dilarang Memakai Atribut Tengkorak dan Malaikat Maut

Juru bicara Perserikatan Arkeologi Kota York mengatakan temuan kerangka tersebut secara demografis beragam, dengan kerangka laki-laki maupun perempuan, dan anak-anak hingga usia dewasa.

Namun tampaknya secara luas kerangka-kerangka Romawi tersebut berasal dari kelas sosial yang sama. Para peneliti masih terus melakukan pemeriksaan untuk mendapat petunjuk lain mengenai latar belakang kerangka orang-orang Romawi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com